K-Pop: Dianggap Rasis, Chen Exo Dikecam

Exo/CBX di aplikasi V Live (V/Live)
16 April 2018 15:45 WIB Septina Arifiani Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Group vokal Exo-CBX menyapa penggemar lewat siaran langsung di aplikasi V Live. Selama siaran berlangsung, Chen, Baekhyun, Xiumin melakukan permainan dan sesekali melempar candaan.

Di akhir permainan, Chen mendapat hukuman. Baekhyun mengoleskan lipstik berwarna gelap ke bibir Chen hingga terlihat lebih tebal. Chen mengatakan dirinya mirip dengan tokoh animasi Michol dari Dooly the Little Dinosaur yang dianggap menggambarkan kulit hitam.

Tak hanya itu dilansir Allkpop, Senin (16/4/2018), Chen juga mengatakan dirinya mirip dengan Kunta Kinte, tokoh fiksi dari novel Roots: The Sara of an American Family yang diilhami dari kisah nyata seorang pria berkulit hitam yang diperbudak di Amerika.

Setelah ucapan tersebut, artis K-Pop  itu juga mendapat reaksi beragam dari warganet. Beberapa di antaranya mengkritik pernyataan yang diucapkan oleh sang idol. Sementara fans lainnya membela Chen dan meminta tidak membesarkan perkataan tersebut.

“Ini sejujurnya bukan masalah Jongdae (nama asli Chen), itu masalah Korea Selatan/Asia. Jika Jongdae merujuk dirinya ke Kunta, maka aku pikir kita harus mendidik mereka lebih banyak lagi mengenai masalah ini dan memintanya untuk meminta maaf,” katanya seorang netizen di Twitter.

“Aku tidak menjatuhkan Exo atau Jongdae, jika mereka membuat kesalahan, aku ingin mereka bertanggung jawab atas kesalahan mereka dan belajar dari itu. Aku mencintai mereka dan aku sangat peduli dengan mereka dan yang aku inginkan adalah agar mereka lebih baik dari diri mereka sendiri dan Exo-L (sebutan penggemar Exo) dapat membantu dan belajar juga,” ucap netizen lainnya.