Sutradara Komentari "Penyensoran" Avengers: Infinity War di Indonesia

Salah satu adegan di film Avengers: Infinity War. (Istimewa - Youtube)
17 April 2018 04:45 WIB Newswire Entertainment Share :

Solopos.com, LOS ANGELES - Beberapa hari menjelang penayangannya di Indonesia, Avengers: Infinity War sempat membuat heboh para penggemar. Pasalnya, muncul kabar bahwa film superhero Marvel tersebut telah dipotong tujuh menit oleh Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia.

Dilansir Liputan6.com, Senin (16/4/2018), isu tersebut mencuat ketika Avengers: Infinity War yang sebelumnya dikabarkan berdurasi 156 menit, hanya memiliki panjang 149 menit ketika tiba di LSF. Pihak LSF telah mengklarifikasi bahwa tidak ada pemotongan adegan film dan mereka hanya memberi rating 13 tahun ke atas.

Sayangnya, meskipun klarifikasi telah disampaikan LSF melalui juru bicara dan media sosial, kabar ini sudah keburu sampai ke media asing. Bahkan, situs Comicbook.com, Sabtu (14/4/2018), mengutip salah satu media nasional dengan masih menyebutkan bahwa Avengers: Infinity War telah dipotong sepanjang tujuh menit.

Laman tersebut mengutip bahwa Ketua LSF, Ahmad Yani Basuki, mengatakan kepada salah satu media nasional bahwa ia memang sudah menandatangani proses sensor Avengers: Infinity War, meski tak tahu secara spesifik apa yang disensor.

Tak sampai di situ, pada Minggu (15/4/2018), Comicbook.com juga mengabarkan reaksi sutradara Avengers: Infinity War, Joe Russo, saat ditanya mengenai sensor tujuh menit yang diberlakukan di Indonesia.

"Yah, kalau untuk masalah mengenai film yang disensor. Itu ada di negara masing-masing. Namun, biasanya ada negosiasi dulu," kata Joe Russo dalam konferensi pers Avengers: Infinity War di Marina Bay Sands, Singapura, Minggu (15/4/2018).

"Agak sedih jika harus dipotong, tapi kami tidak bisa melakukan apa pun. Mungkin jika ada bagian yang dipotong, biar saja itu adegan Robert Downey Jr," kata dia, disusul gelak tawa hadirin.

Sementara pihak LSF mengaku sama sekali tidak memotong adegan Avengers: Infinity War selama tujuh menit. "Film Avenger yang disensorkan lolos 13 tahun nihil. Artinya tanpa potongan. Dengan kata lain, info yang beredar kemarin tidak benar," ujar juru bicara LSF, Rommy Fibri, dilansir Liputan6.com, Minggu (15/4/2018).

Rommy Fibri turut menegaskan bahwa durasi 149 menit sudah diterima oleh pihak LSF sebelum Avengers: Infinity War menjalani tahapan sensor. "Yang jelas film yang dikirim ke LSF 149 menit. Sudah lulus sensor dengan klasifikasi usia 13 tahun tanpa revisi," Rommy Fibri menekankan.

Tokopedia