Akui Transgender, Dorce Gamalama : Saya Bukan Penggoda

Dorce Gamalama (Instagram/dg_kcp)
21 April 2018 07:45 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini, tema transgender menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Tema ini mendadak heboh seiring dengan munculnya sosok Lucinta Luna. Personel Duo Bunga ini dituding merupakan seorang wanita transgender. Namun, sampai detik ini dia tidak pernah mengakui hal tersebut.

Isu mengenai transgender selalu menjadi hal sensitif di Indonesia. Namun, hal tersebut tak menghentikan munculnya beberapa tokoh transgender. Bahkan beberapa di antara mereka bisa dibilang cukup berprestasi.

Terlepas dari benar atau tidaknya Lucinta Luna seorang transgender, sebelumnya Indonesia sudah memiliki beberapa transgender yang cukup populer. Di antara mereka ada yang berkarier di dunia hiburan atau model, seperti Dorce Gamalama.

Dorce Gamalama merupakan perempuan transgender yang dikenal sebagai penyanyi, pembaca acara, hingga bintang film. Dorce lahir sebagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliadri Ashadi. Transgender kelahiran Solok, Sumatra Barat 21 Juli 1963 itu lihai dalam hal tarik suara.

Dia cukup sering menghiasi layar kaca televisi pada tahun 1990-an. Kini Dorce sudah mulai jarang terlihat di layar kaca. Kini, dia diketahui menjalani hidup yang lebih religius. Di tengah heboh soal transgender, Dorce Gamalama ikut angkat suara.

Pernyataan Dorce soal transgender ini diunggah lewat foto di akun Instagram gosip @tehnyinyir, Kamis (19/4/2018). "Dalam hidup saya sekarang ini, Insyaallah saya menjadi manusia yang kafah, terlepas siapa saua. Saya jalannya benar. Saya juga jadi perempuan bukan buat menggoda orang, ngejablay, melacurkan diri. Bukan payudara dipamer-pamerin, pantat ditontjol-tonjolin," demikian pernyataan Dorce yang tertulis pada unggahan tersebut.

Pernyataan Dorce malah menimbulkan kontroversi di kalangan netizen. Suara warganet terbelah menjadi dua, yakni setuju dan menentang. Mereka yang setuju menilai Dorce adalah wanita yang baik dan berprestasi. Sementara yang menentang tetap saja menyebut Dorce melakukan kesalahan karena menyalahi kodrat.

"Saya melihat Dorce seorang perempuan yang jujur. Tapi, terlepas dari itu kalau melihat dari sudut pandang agama tetap salah. Begitulah Allah menciptakan hukum. Karena kadang hati tidak mewakili ridho Ilahi. Dan hati tidak bisa dijadikan tolok ukur dalam melihat benar atau salah. Tapi, tolok ukurnya tetap pada hukum Allah," komentar @aryowibisono29.

"Kasihan deh gara-gara Lucinta Luna, Bunda Dorce jadi dibawa-bawa. Padahal dia salah satu artis legendaris. Enggak pernah cari sensasi. Walaupun sekarang sudah enggak pernah nongol di TV. Dia juga enggak pernah mendompleng namanya biar naik lagi," sambung @pangestika99.

"Memang iya Dorce berprestasi dalam banyak hal. Mungkin iya dia orang yang sangat baik, penyayang. Niat jadi transgender bukan untuk menjadi penggoda. Tapi, setahu aku tetap saja Dorce kodratnya sebagai laki-laki. Jelas jika seseorang mengubah kodrat dari Allah sudah pasti dosa besar," imbuh @lusirahmawati0311.

"Terlepas dari semua itu biarlah menjadi urusan dia dengan Allah. Enggak seperti yangs sebelah itu sudah melanggar kodrat, berbohong pula," tambah @imrai27.