Perjalanan Karier Gogon Srimulat

Gogon Srimulat (Liputan6.com
15 Mei 2018 14:30 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Dunia hiburan Indonesia kembali kehilangan satu seniman hebat, yakni pelawak Margono atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Gogon Srimulat. Pria kelahiran Kota Solo, Jawa Tengah, 31 Desember 1959, meninggal dalam usia 58 tahun, di Kotabumi, Lampung, Selasa (15/5/2018). Kabar duka meninggalnya Gogon Srimulat ramai dibicarakan di beberapa media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Jika menoleh ke belakang, perjalanan karier Gogon Srimulat di panggung hiburan Tanah Air tidak berjalan mulus. Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, pelawak yang tergabung dalam kelompok lawak populer Indonesia, Srimulat itu bergabung dengan Srimulat bersama dengan sejumlah pelawak lainnya, yakni Tarzan, Tessy, Timbul, Kadir, Nunung, dan Doyok.

Jambul berwarna emas dan kumis menjadi ciri khas penampilan Gogon sejak awal penampilannya di Srimulat. Selain melawak, Gogon Srimulat ternyata piawai mendendangkan lagu campursari. Penampilan yang eksentrik dan talenta yang dimiliki membuat sosoknya cepat dikenal publik.

Sayang, perjalanan Gogon dengan Srimulat berakhir pada 1989. Sang pendiri Srimulat, Teguh, membubarkan grup lawak itu karena pamornya yang meredup. Namun, pada Agustus 1995, Gogon mengusulkan Srimulat untuk reuni. Ide tersebut menjadi awal kebangkitan Srimulat. Selama 1995-2003, Srimulat kembali hadir menghibur masyarakat lewat acara yang disiarkan Indosiar.

Pada 2007, nama Gogon Srimulat kembali menjadi perbincangan karena tersandung kasus narkoba. Dia ditangkap di rumahnya di Perumahan Bandara Mas, Kelurahan Selapanjang, Kecamatan Neglasari, Tangerang, karena terbukti mengonsumsi narkoba jenis ekstasi. Dia kemudian dijerat UU nomor 5 tahun 1997 tentang penggunaan psikotropika dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Setelah masa hukumannya berakhir, Gogon Srimulat tetap eksis di dunia hiburan Tanah Air. Dia masih sering diundang sebagai bintang tamu di beberapa acara, baik on air maupun off air. Sampai akhirnya dia diajak bermain di film Finding Srimulat pada 2013 silam.

Belakangan, pamor Gogon Srimulat mulai meredup dan namanya jarang dibicarakan. Dia kembali menjadi perbincangan saat kabar meninggalnya beredar luas. Menurut pihak keluarga, pelawak yang satu ini telah lama mengidap penyakit jantung. Namun, dia selalu menolak ketika hendak dioperasi untuk menyembuhkan penyakitnya.

Akhirnya, Gogon Srimulat mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan ke Rumah Sakit Kotabumi, Lampung, Selasa pagi pukul 05.15 WIB. Jenazahnya dimakankan di kawasan Pengging, Banyudono, Boyolali.