Perjalanan Spiritual 5 Artis Indonesia Saat Putuskan Mualaf

Dian Sastrowardoyo (Instagram/therealdisastr)
16 Mei 2018 09:00 WIB Newswire Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah artis-artis Indonesia memilih menjadi mualaf. Banyak hal yang melatarbelakangi mereka berpindah keyakinan.

Berikut lima artis Indonesia yang memilih jadi mualaf sebagaimana dirangkum Okezone.com, Senin (14/5/2018):

Dian Sastrowardoyo
Pemain Ada Apa Dengan Cinta, Dian Sastrowardoyo terlahir sebagai seorang wanita beragama katolik. Cucu dari mantan menteri luar negeri, Profesor Sunario Sastrowardoyo, itu pun memutuskan mengucapkan dua kalimat syahadat saat berusia 24 tahun, tepatnya di malam Isra Mikraj pada 2006.

Keputusan itu mendapat dukungan penuh dari sang ibunda, Dewi Parwati Setyorini, yang memeluk Katolik. Bahkan, ibunya memberikan syarat kepada Dian untuk mengkhatamkan kitab suci Alquran sebelum resmi dipersunting Maulana Indraguna Sutowo pada 2010.

"Yang membuat aku memilih Islam karena aku ingin berserah diri dan pasrah kepada Allah. Mama aku yang Katolik benar-benar supportif dan mendukung aku untuk khatamin Quran sebelum menikah," ujar pemain film Ada Apa dengan Cinta itu.

Steve Emmanuel
Kabar Steve Emmanuel yang memutuskan memeluk agama Islam pun sempat membuat heboh publik pada 2008. Keputusannya menjadi seorang muslim itu dilakukan lantaran rasa penyesalan yang menghantui dirinya.

Selama beberapa tahun sebelumnya Steve diketahui melakukan "kumpul kebo" dengan rekan sesama artis, Andi Soraya, hingga dikaruniai anak. Di hadapan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, Steve dengan mantap mengucapkan dua kalimat syahadat. Pemain sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta tersebut juga mengganti namanya menjadi Yusuf Iman.

Marsha Timothy
Memiliki karier yang cemerlang tak lantas membuat hati Marsha Timothy menjadi tenang. Pemain Marlina Si Pembunuh 4 Babak itu pun mengenal Islam dan memutuskan menjadi mualaf pada 2012 sesaat sebelum menikah dengan aktor Vino G Sebastian.

Sempat beredar kabar bahwa keputusannya memeluk Islam karena ingin menikah. Namun dengan cepat, mantan kekasih Fachry Albar ini membantahnya. Keputusan Marsha berpindah agama sudah ada sejak sebelum hendak menikah dengan Vino.

"Itu urusan pribadi, urusan saya dengan Tuhan. Enggak bisa di-create, dan enggak bisa diada-adain. Itu urusan dari hati," ujar Marsha.

Natalie Sarah
Natalie Sarah yang sebelumnya beragama Nasrani sempat dilanda kegalauan dalam memutuskan keyakinan yang dianut. Saat usianya menginjak 18 tahun, Sarah bermimpi membaca surah Al Fatihah dan bertemu dengan seorang kakek berjubah putih.

Dalam mimpinya, sang kakek yang tak ia kenal itu meminta Natalie membaca Al Fatihah saat ia sedang mengalami ketakutan atau sakit.

Sejak kejadian tersebut Sarah pun mempelajari Islam dan memutuskan menjadi mualaf secara sembunyi-sembunyi pada 2001. Terkadang ia terpaksa mengikuti ibadah yang dianut sebelumnya lantaran takut ketauan oleh orangtuanya.

Selama dua tahun Sarah menyembunyikan kepercayaannya. Pertentangan keluarga sempat terjadi saat identitasnya terbongkar. Hingga kini Sarah masih konsisten untuk tetap memeluk Islam dan perlahan keluarga menerima pilihannya.

Sandi Tumiwa
Aktor Sandy Tumiwa sebenarnya telah terlahir sebagai seorang Muslim. Namun ketika beranjak dewasa, Sandy memutuskan berpindah agama dan mempersunting presenter Tessa Kaunang.

Setelah 8 tahun membina rumah tangga, Sandy kembali memutuskan kembali masuk Islam. Hati kecil Sandy terketuk tatkala sang ibu mengingatkan untuk memberangkatkannya ke Tanah Suci.

Keputusannya kembali menjadi mualaf pun ternyata tak berjalan mulus. Berbagai cobaan datang silih berganti menimpanya. Sesaat setelah memutuskan memeluk Islam, Tessa menggugat cerai Sandy. Sandy juga tersandung kasus penipuan investasi bodong hingga menyebabkan ia harus meringkuk di balik jeruji tahanan.

Sumber : Okezone.com