Kuntilanak: Film Horor Rasa Keluarga

Para pemeran film Kuntilanak saat bertandang ke Griya Solopos, Kamis (21/6 - 2018). Dari kiri ke kanan, Andryan Sulaiman Bima, Ciara Brosnan, dan Sandrinna Michelle Skornicki. (Solopos/Mariyana Ricky P.D)
22 Juni 2018 09:00 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – “Semoga ditonton 60 juta orang,” ucap Ciara Brosnan, 5, tatkala menjawab pertanyaan tentang harapannya pada film Kuntilanak, Kamis (21/6/2018) siang.

Ciara, pemeran karakter Ambar di film besutan Rizal Mantovani itu berkunjung ke Griya Solopos, bersama dua pemeran lain yakni Sandrinna Michelle Skornicki, 11, dan Andryan Sulaiman Bima, 12. Ketiganya bermain peran sebagai saudara yang diadopsi perempuan paruh baya bernama Dona (diperankan Nena Rosier). Dara cilik itu cas cis cus menceritakan berbagai pengalamannya saat shooting  film horor  Kuntilanak. “Enggak takut, kok. Tapi takut juga sih, sedikit,” kata dia lagi.

Kuntilanak menjadi salah satu dari lima film yang dirilis bersamaan dengan momen libur Lebaran. Sampai Rabu (20/6/2018), tercatat 542.000 penonton telah menikmati film tersebut. Selain Ciara, Sandrinna, dan Andryan, Kuntilanak juga didukung sosok cantik Aurelie Moeremans, serta dua bintang cilik lain yakni Adlu Fahrezy dan Ali Fikri.

Film ini terinspirasi dari kesuksesan film berjudul sama yang dirilis pada 2006 hingga 2008 lalu. Jalan ceritanya pun meski berbeda, tetap memiliki benang merah, lewat keberadaan cermin milik Keluarga Mangkudjiwo, yang konon menjadi tempat persembunyian Kuntilanak. Tembang Lingsir Wengi juga menjadi penanda keterkaitan film produksi Multivision Pictures (MVP Pictures) tersebut.

Sandrinna mengatakan film Kuntilanak versi terbaru mengisahkan tentang lima anak yang mendapat teror dari penghuni alam gaib, setelah ibu adopsi mereka, Dona, menerima hadiah cermin antik dari Glenn (diperankan Ferro Walandouw).

Teror tersebut semakin tak berhenti setelah kelimanya nekat menjelajahi rumah terbengkalai demi menjuarai lomba reality show bersama Lydia (diperankan artis Aurelie Moeremans). Reality show yang dimaksud bertujuan membuktikan kebenaran adanya kuntilanak.

“Aku berperan sebagai Dinda, Andryan sebagai Kresna, Adlu Fahrezy sebagai Panji dan Ali Fikri sebagai Miko. Miko ini sangat menyukai hal-hal berbau gaib dan gemar membaca buku tentang setan,” kata Sandrinna, berbincang kepada awak redaksi Solopos, Kamis.

Menurut dia, film Kuntilanak versi baru tersebut tak sekadar menyorot tentang makhluk halus tapi juga pentingnya keluarga. Sehingga film ini enggak cuma menakut-nakuti tapi ada hikmah yang bisa diambil. “Salah satunya tentang pentingnya menjaga saudara satu sama lain. Kalau mau diceritain banyak sih tapi enggak boleh spoiler,” ucapnya sambil tergelak.