Hujatan ke Iis Dahlia Ngeri Gara-gara Kritik Kontestan KDI 2018

Iis Dahlia (Instagram/isdadahlia)
19 Juli 2018 18:40 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Ajang pencarian penyanyi berbakat menjadi jalan bagi munculnya talenta berbakat di belantika musik Tanah Air. Bagian paling menarik perhatian adalah audisi yang ditayangkan di televisi. Berbagai momen unik dan menarik dikemas dalam tayangan audisi untuk menarik perhatian masyarakat.

Tapi, ada momen kurang menyenangkan dalam audisi Kontes Dangdut Indonesia 2018 di MNC TV yang menjadi buah bibir. Salah satu episode tersebut menampilkan kejadian tak menyenangkan yang dialami seorang peserta asal Bau Bau, Sulawesi Tenggara, bernama Waode Sofia.

Tokopedia

Gadis berusia 16 tahun itu sempat dimarahi oleh para juri, yakni Iis Dahlia, Trie Utami, dan Beniqno Aquino. Waode Sofia masuk ruang audisi mengenakan busana denim tanpa berdandan langsung ditegur oleh Iis Dahlia.

Pedangdut senior itu merasa terganggu melihat penampilan Waode Sofia yang acak-acakan. Dia dan Trie Utami memintanya berganti busana sebelum menunjukkan kemampuannya bernyanyi dangdut. "Kamu tadi ketemu temen-temen kamu enggak di luar? Mereka kayak apa mau audisi? Pakai bedak enggak, pakai lipstik enggak, pakai baju yang bener enggak? Kenapa kamu enggak berusaha seperti mereka?" tanya Iis Dahlia ketus dalam video yang diunggah di Youtube, Senin (16/7/2018).

"Serius mau ikut KDI? Kau cari baju lain sana. Bagaimana caranya kamu cari sana baju yang bagus," timpal Trie Utami.

Akhirnya, Beniqno Aquino meminta Waode Sofia untuk berganti busana dan berdandan sebelum tampil. "Kamu nanti aja audisinya. Ganti baju dulu, dandan yang cantik," kata Beniqno.

"Kita dari tadi di sini ngetes suara anak-anak, yang suaranya jelek aja manja dandanannya," imbuh Iis Dahlia yang menilai Waode Sofia kurang menunjukkan persiapan untuk mengikuti audisi KDI 2018.

Waode Sofia tampak sangat sedih mendengar teguran dari juri. Dia mengatakan bahwa baju yang telah dipersiapkannya tertinggal di kampung halaman. Akhirnya, dia pun dibantu dengan tim kreatif untuk berganti busana. Setelah berdandan cantik, barulah Waode Sofia menunjukkan kemampuannya bernyanyi hingga akhirnya diterima menjadi salah satu kontestan KDI 2018.

Video audisi tersebut sontak viral di media sosial. Warganet yang melihat video itu merasa tidak suka dengan komentar pedas Iis Dahlia. Mereka menilai tak sepantasnya Iis Dahlia memarahi peserta karena penampilannya kurang menarik. Alhasil, akun Instagram pribadinya mendapatkan beragam kritikan dari netizen.

"Inilah salah satu alasan kenapa dangdut dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Karena yang dilihat menurut para juri sok kece itu adalah penampilan, bukan kualiras suara. Enggak pernah lihat acara ajang pencarian bakat di luar apa ya ini juri? Mau setting-an MNC atau memang real begitu adanya yang jelas kalian semua berkomentar rasis. Kalian itu jauh lebih norak dari si peserta," komentar @aananisah55.

"Emang harus penampilannya kayak apa. Namanya juga baru audisi, masih polos. Emang suruh kayak anakmu," imbuh @ellykimayasi18.

"Semoga anak-anak Teh Iis selalu dalam lindungan Allah dan tidak mendapatkan penghinaan dari mulut kejam seperti yang Anda lakukan terhadap anak dari Bau-Bau. Semoga nasib anakku tidak seburuk anak itu. Ingat, di atas langit masih ada langit. Gimik boleh, tapi jangan lebay," lanjut @ida86666.