Fatin Shidqia Kritik Pedas Kontroversi Audisi KDI 2018

Fatin Shidqia Lubis (Instagram/fatin30)
19 Juli 2018 16:40 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Aksi Iis Dahlia yang memberikan komentar pedas terhadap seorang peserta audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 menjadi buah bibir. Iis Dahlia dengan tegas menegur seorang gadis bernama Waode Sofia, 16, asal Bau Bau, Sulawesi Tenggara, saat mengikuti audisi KDI 2018 tanpa berdandan.

Iis Dahlia menilai Waode Sofia kurang maksimal mempersiapkan diri mengikuti audisi KDI 2018. Sebab, Waode Sofia mengaku baju yang telah disiapkan untuk ikut audisi tertinggal di kampung halaman. Iis Dahlia dan dua rekannya, Trie Utami dan Beniqno Aquino, merasa terganggu melihat penampilan Waode Sofia yang acak-acakan. Mereka kemudian meminta Waode Sofia untuk berdandan terlebih dahulu sebelum menunjukkan suara emasnya.

Tokopedia

Tindakan Iis Dahlia dan kedua rekannya itu menuai kritikan dari banyak pihak, termasuk penyanyi muda Fatin Shidqia Lubis. Fatin yang pernah mengikuti audisi pencarian bakat tidak pernah mengalami perlakuan buruk seperti Waode Sofia. Menurutnya, dewan juri semestinya menilai kualitas suara kontestan, bukan malah fokus pada penampilan fisik.

"Tadi aku dikasih tahu temen ada orang yang ikut audisi pencarian penyanyi berbakat disuruh balik lagi karena dandanannya kasual tanpa makeup, karena kurang rapi katanya. Logikanya harusnya suaranya yang dinilai. Tapi, dulu pas aku ikut audisi enggak ada tuh aturan harus pakai makeup, dress, yang penting adalah minimal umur dan suka nyanyi," kata Fatin dalam video viral yang diunggah di akun gosip Instagram, @makrumpita, Kamis (19/7/2018).

"Menurut aku ketika harus dipaksakan dan audisinya enggak jujur ya buat apa. Lucu aja sih, ini kan acara pencarian penyanyi berbakat. Tapi, kok baru masuk saja sudah dikomentari masalah penampilan tanpa didengarkan terlebih dahulu suaranya," sambung Fatin.

Pendapat Fatin Shidqia menuai beragam komentar dari warganet. Kebanyakan dari mereka setuju dengan si pelantun tembang Aku Memilih Setia. Menurut netizen, orang yang hendak mengikuti kontes menyanyi harus bersuara merdu.

"Kalo gue yg digituin pas mau audisi. Pasti gue ngomong, kan gue ke sini mau ikut audisi nyanyi, bukan mau jual diri," komentar @risaliaanandac.

"Namanya juga juri kurang sadar. Yang penting kan mereka dapat duit. Kualitas mah nomor tiga. Nanti bisa lipsing pas lagi manggung, tragis," imbuh @anna_azie.

"Ini yang sampai dulu ikut audisi X Factor komen loh. Dulu dia audisi pakai baju sekolah enggak ada masalah. Repot banget sih mau ikut audisi zaman sekarang," lanjut @sanjayyy.

Seperti diketahui, Fatin Shidqia Lubis pernah mengikuti audisi X Factor pada 2013 lalu. Kala itu, dia yang masih duduk di bangku SMA tampil mengenakan seragam sekolah tanpa mengenakan makeup. Meski penampilan fisiknya sangat sederhana, Fatin sukses memukau dewan juri lewat suara merdu dan kemampuan olah vokalnya yang mumpuni.