Iis Dahlia Sebut Fatin Cs Tak Sopan Komentari Audisi KDI 2018

Iis Dahlia (Instagram/isdadahlia)
21 Juli 2018 17:00 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Kritikan pedas pedangdut Iis Dahlia kepada peserta audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018, menuai kontroversi. Tak hanya netizen, sejumlah penyanyi jebolan ajang pencarian bakat seperti Fatin Shidqia Lubis, Citra Scholastika, dan Mytha Lestari, ikut memberikan komentar.

Mereka sangat heran dengan tingkah Iis Dahlia yang meminta kontestan keluar ruangan dan berdandan terlebih dahulu sebelum ikut audisi.

Fatin Shidqia Lubis, Citra Scholastika, dan Mytha Lestari menceritakan pengalaman saat mengikuti audisi ajang pencarian bakat melalui akun media sosial masing-masing. Kala itu, penampilan ketiganya sangat sederhana dan cenderung kasual.

Mereka tidak mengenakan gaun indah dan berdandan heboh seperti yang disyaratkan Iis Dahlia kepada kontestan KDI 2018, Waode Sofia, 16.

Menurut ketiga penyanyi tersebut, Iis Dahlia terlalu berlebihan. Sebagai juri ajang pencarian penyanyi berbakat, dia semestinya mengutamakan kualitas vokal kontestan, bukan malah penampilan. Kritikan tersebut langsung ditanggapi ketus oleh Iis Dahlia. Mereka pun membandingkan sistem audisi ajang pencarian bakat dulu dan sekarang yang berbeda jauh.

Pedangdut asal Indramayu, Jawa Barat, itu merasa ketiga penyanyi muda itu tidak sopan karena hanya berani mengkritik insiden tersebut melalui media sosial.

Menurut Iis Dahlia, para juniornya semestinya bertanya terlebih dahulu sebelum memberikan komentar.

"Junior-junior, anak kecil harusnya tanya ke saya. Mbak ini ada apa? Itu kan sopan santunnya. Jangan membuat opini, padahal dia tidak menonton. Jadi, saya anggap anak-anak itu harus dididik sopan santun. Kalau orang awam boleh berkomentar, karena tidak mengerti industri itu seperti apa. Tapi, kalau orang seni, tapi dia tidak ada di acaranya ya sudahlah," kata Iis Dahlia seperti dilansir Suara, Jumat (20/7/2018).

Meski menuai banyak kritikan, Iis Dahlia sama sekali tidak merasa bersalah atas tindakannya mengusir Waode Sofia dari ruang audisi KDI 2018.

Dia melakukan hal itu karena menilai Waode Sofia kurang mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti audisi. Padahal, dia menjadikan penampilan menarik sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki kontestan.