Mencari “Tumbal” Pabrik Gula Tegal

Salah satu pemain film Tumbal the Ritual, Mawar De Jongh (tengah) foto bersama penggemar saat meet and greet di Bioskop XXI Solo Square, Minggu (22/7 - 2018). (Istimewa)
23 Juli 2018 12:00 WIB Ika Yuniati Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Salah satu pabrik gula mangkrak di Pangkah, Tegal, Jawa Tengah, tiba-tiba menarik perhatian warga. Termasuk lima mahasiswa Nira, Maya, Sisi, Leo, dan Raka yang sengaja datang ke sana dalam rangka project film dokumenter.

Belum juga dimulai pengambilan gambar, mereka dikejutkan kehadiran adik angkat Nira bernama Alya yang merupakan bocah berkebutuhan khusus. Alya ternyata ikut masuk dalam mobil rombongan secara diam-diam.

Tokopedia

Hal-hal aneh mulai terjadi begitu memasuki pabrik. Tanpa sadar mereka berenam terjebak dan tak bisa keluar. Teror hantu terus berdatangan. Usut punya usut di sana ada arwah penasaran mendiang Nurmala yang ternyata ibu kandung Nira. Nurmala tewas dibunuh sang suami, Suryo. Suryo saat ini masih hidup tapi agar bisa kembali ke dunia ia minta tumbal seorang nyawa.

Film Horor
Kisah mencekam tentang masa lalu mendiang Nurmala dan Suryo beserta kelima mahasiswa tersebut bukanlah cerita nyata. Melainkan fiksi yang dibangun untuk menghidupkan film horor besutan Tema Patrosza berjudul Tumbal the Ritual.

Seperti narasi cerita yang disajikan, adegan-adegan menegangkan dalam film Tumbal digarap di sebuah pabrik tua daerah Pangkah, Tegal, Jawa Tengah. Tempat produksi gula yang berdiri sejak 1951 tersebut lama tak aktif. Kadang digunakan saat musim panen.

Tumbal ke-40 yang diminta Suryo memanglah fiktif. Namun tokoh Nira yang diperankan aktris muda Mawar De Jongh benar-benar merasakan aura mistis di lokasi pabrik. Saat berbincang dengan wartawan seusai meet and greet di XXI Solo Square Mall, Minggu (22/7/2018), ia mengatakan proses shooting dilakukan lebih dari dua pekan mulai siang hingga malam. Selama itu dirinya sempat merasakan beberapa keanehan seperti aliran listrik tiba-tiba mati, dan muncul suara di sekitar lokasi.

Mawar mengatakan ini merupakan film horor pertamanya. Sempat ragu, ia akhirnya memberanikan diri untuk menerima tantangan tersebut. “Ke depan sudah ada project lain sih. Tapi ya mau saja kalau ada tawaran shooting fim horor lagi,” kata dia.

Selesai rilis pada Rabu (18/7/2018) lalu para pemain melakukan promosi ke sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta. Saat meet and greet dan studio visit ke XXI Solo Square, Minggu, Mawar mengaku bahagia karena respons penonton cukup baik. Bahkan beberapa penonton menurutnya sangat antusias hingga bisa menjelaskan detail cerita dan kisah horor di setiap adegan. “Solo seru banget, puas banget. Mungkin mereka suka dengan film kami,” kata Mawar.

Selain Mawar, film perdana Rumah Produksi MK Pictures ini juga dibintangi aktris muda lain seperti Shenina Cinammon, Karel Susanteo, Annette Edoarda, dan Makayia Rose. Proses pengambilan gambar dilakukan di Tegal dan Bandung selama lebih dari dua pekan. Tumbal the Ritual disebut mengandalkan aspek petualangan dan menonjolkan nilai-nilai penting dalam keluarga.