Anji Manji Bela Iis Dahlia Kritik Kontestan KDI 2018

Anji Manji (Instagram/duniamanji)
25 Juli 2018 21:13 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Penyanyi populer Indonesia, Anji Manji, ikut berkomentar tentang insiden pengusiran peserta audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 yang dilakukan oleh Iis Dahlia. Dia ikut gemas melihat kehebohan video viral audisi KDI 2018 yang menampilkan Waode Sofia.

Gadis asal Baubau, Sulawesi Tenggara, itu diminta keluar dari ruang audisi KDI 2018 oleh Iis Dahlia, Beniqno Aquino, dan Trie Utami yang menjadi juri. Hal itu disebabkan karena penampilan Waode Sofia yang dinilai kurang maksimal. Sebab, dia masuk ke ruang audisi tanpa merias wajah dan hanya mengenakan busana kasual.

Tokopedia

Iis Dahlia yang tidak suka melihat penampilan berantakan Waode Sofia langsung menegurnya dengan tegas. Nah, teguran itulah yang membuatnya menuai beragam kritikan dari warganet. Pelantun tembang Mata Hati itu terus menjadi bulan-bulanan warganet yang mendapatkan beragam kritikan kasar.

Perundungan yang dialami Iis Dahlia itu akhirnya membuat Anji penasaran. Dia ikut berkomentar mengenai hal tersebut melalui vlog yang diunggah di channel Youtubenya. Awalnya, Anji merasa heran melihat sikap Iis Dahlia yang sangat kasar kepada peserta KDI 2018 di penggalan video viral tesebut. Dia kemudian mencari tahu cerita di balik kejadian tersebut dengan menonton video lengkap audisi KKDI 2018 yang menampilkan Waode Sofia.

"Saya enggak berani bilang bahwa ini adalah gimik atau settingan ya. Tapi, menurut saya ini adalah proses yang oke-oke saja. Karena sebenarnya pesan moralnya adalah, kalau kamu mau ikut sebuah ajang pencarian bakat atau mau tampil di manapun kamu harus well prepare. Bukan hanya suara, tapi juga pakaian, bagaimana kamu mengemas dirimu, dan lain-lain. Itu nilai bagusnya," kata Anji dalam vlognya yang diakses Solopos.com, Rabu (25/7/2018).

Menurut Anji, jika saja juri KDI 2018 memberikan kesempatan Waode Sofia untuk bernyanyi terlebih dahulu, maka kejadiannya tidak akan seheboh itu. "Kalau saja di acara itu si peserta boleh bernyanyi dulu, setelah itu dia diminta berganti pakaian dan makeup pasti akan oke. Persoalannya di sini adalah dia belum bernyanyi sama sekali lalu diminta keluar untuk mengganti baju. Sementara dia bilang pakaiannya ketinggalan di rumah. Dia diminta pinjam dan lain-lain," sambung Dia.

Pelantun tembang Dia itu meminta netizen berpikir tentang keanehan tersebut. Mana mungkin seorang peserta audisi yang bajunya tertinggal diminta meminjam ke orang lain. "Mungkin enggak kalau misalnya kamu datang ke sebuah audisi kamu enggak bawa baju lain, kamu enggak makeup-an, terus tiba-tiba kamu bisa pinjam pakaian sama orang. Siapa yang mau meminjami?" tanya Anji.

Anji menjelaskan Fatin Sidqia Lubis, Citra Scholastika, dan Mytha Lestari sah saja menyampaikan komentar terkait audisi KDI 2018. Sebab, ketiganya merupakan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat. "Mereka pun dulu waktu ikut ajang pencarian bakat saat audisi mereka tidak diminta untuk seperti itu. Tapi, mereka diminta bernyanyi dan mereka diterima karena suaranya," tegas Anji.

Anji Manji menyayangkan perundungan yang dilakukan netizen kepada Iis Dahlia. Menurutnya, perundungan semacam itu tidak sepantasnya dilakukan. "Kanapa banyak banget orang senang mem-bully sesuatu. Kenapa sih? Kalau menurutmu tidak benar, bukan dengan cara mem-bully ngasih tahunya. Sampaikan pendapatmu tanpa mem-bully, tanpa ngatain," tegasnya.

Di akhir video, Anji memperlihatkan pertamuannya dengan Iis Dahlia. Dia bertanya kepada Iis Dahlia tentang apa yang terjadi sebenarnya. Alih-alih marah, Iis Dahlia justru geli melihat netizen yang heboh melontarkan kritikan pedas kepanya.