Salt Tuntaskan Program Doktoral Kedua Eko Pece

Koreografer ternama asal Solo, Eko Supriyanto, saat membawakan bagian terakhir dari trilogi Cry Jailolo berjudul Salt beberapa waktu lalu. (Istimewa / Dokumen Widi Witjak)
01 Agustus 2018 11:55 WIB Ika Yuniati Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO - Pentas tunggal berjudul Salt oleh koreografer ternama asal Solo, Eko Supriyanto, turut memeriahkan festival seni PostFest Program Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Seniman serba bisa yang akrab disapa Eko Pece ini mendapat kesempatan pentas di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, pada Minggu (29/7/2018) malam.

Serangkaian ujian terbuka program doktoral Eko tersebut dihadiri para seniman ternama dan pejabat pemerintahan seperti perwakilan Pemerintahan Jailolo, Pemprov DKI, dan perwakilan Badan Ekonomi Kreatif.

Tokopedia

“Ini ujian doktoral kedua. Doktor saya pertama dari Program Kajian Seni Pertunjukan UGM [Universitas Gadjah Mada], yang kedua ini program Penciptaan Seni dari ISI Solo,” terangnya saat dihubungi solopos.com, Selasa (31/7/2018).

Eko sengaja memilih lokasi sidang terbuka di Jakarta agar diapresiasi oleh publik seni pertunjukan Indonesia. Yang saat itu kebetulan sedang berkumpul di TIM dalam rangka PostFest. Sementara ujian proposal dan kelayakan tetap dilakukan di ISI Solo. Ujian terbuka berlangsung lancar dengan predikat kelulusan summa cumlaude.

Persiapan ujian ini dilakukan Eko sejak akhir tahun lalu. Di sela-sela kesibukan pentas dan persiapan pembukaan Asian Games. Selama proses penulisan dan karya disertasi ia didampingi para promotor yaitu Pande Made Sukerta, Rahayu Supanggah, dan Sardono W. Kusumo.

“Biar publik seni pertunjukan tahu bahwa ada sistem di pendidikan seni yang pada tataran Master dan Doktoral di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo sangat membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak maupun institusi dan lembaga lain, bahkan festival nasional dan internasional,” jelas dia saat ditanya soal latar belakang menggelar ujian terbuka di luar Solo.