Kibarkan Bendera Robek Anya Geraldine Terancam Sanksi

Anya Geraldine mengibarkan bendera sobek (Instagram anyagelardine)
21 Agustus 2018 12:30 WIB Septina Arifiani Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Artis Nur Amalia Hayat atau yang akrab disapa Anya Geraldine kembali membuat kontroversi. Lewat akun Instagramnya @anyageraldine, Anya mengunggah foto bendera Indonesia dalam kondisi robek, Sabtu (18/8/2018). Aksi itu membuat Anya terancam berurusan dengan hukum.

Posting-an Anya Geraldine menjadi sorotan warganet, karena tidak seharusnya Bendera Merah Putih dalam kondisi rusak dikibarkan.
“Barang siapa yang merdekanya hobi julid, kita mah yang julidin tetep merdeka hidupnya. #DirgahayuIndonesia #justkiddin”, tulisnya.

Dikutip Solopos.com dari Hukumonline.com, aksi Anya Geraldine ini tercantum dalam UU Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Pasal 24 a jo Pasal 66, yang berbunyi : Setiap orang dilarang: (a) merusak, merobek, menginjak-injak, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina. Atau merendahkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyal Rp500.000.000.

Pasal 24 b atau c atau d atau jo Pasal 67: Setiap orang dilarang: (b) memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial; (c) mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam; (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar, atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp100.000.000.

Atas tindakan yang dilakukan oleh selebgram cantik Anya Geraldine terancam mendapatkan hukuman satu tahun penjara atau membayar denda sebesar Rp100.000.000.  (Billy Adytya/JIBI/Solopos)