Film Korea Tembus Nominasi Oscar 2019

Adegan di film Burning. (Istimewa)
11 September 2018 06:10 WIB Newswire Entertainment Share :

Solopos.com, SEOUL - Film Korea arahan Lee Chang Dong, Burning terpilih sebagai nominasi Oscar 2019 dalam kategori Best Foreign Language Film. Film Yoo Ah In ini menjadi satu dari 10 film berbahasa asing yang masuk di Oscar 2019.

“Setelah para juri mengadakan diskusi panas dan dengan mediasi perbedaan pendapat, diputuskan film Burning terpilih sebagai satu dari 10 film yang masuk seleksi akhir,” ungkap Korean Film Comission dilansir Soompi, Senin (10/9/2018).

Salah satu kriteria yang dipenuhi Burning sebagai nominasi Oscar ialah di film tersebut memiliki artistik yang menawan. Selain itu, Burning diakui berhasil menggambarkan keadaan perfilman Korea sekarang ini.

“Di antara film-film yang lainnya, pencapaian artistik karya Lee Chang Dong sudah dikenal secara global. Dan film ini layak menjadi representasi dan mewakili keadaan perfilman di Korea saat ini,” ungkap para juri.

“Kami melihat kedewasaan (dalam film Burning) itu melalui artistik yang dipancarkan dan berhasil memperlihatkan bagaimana menganalisis keadaan masyarakat Korea dengan cara yang belum pernah dilihat sebelumnya,” imbuh juri.

Burning diadaptasi dari cerita pendek Jepang yang ditulis oleh Haruki Murakami. Cerita tersebut memiliki judul Barn Burning, dengan fokus cerita berkutat pada hubungan misterius antara tiga pemuda.

Film ini dibintangi oleh Yoo Ah In yang berlakon sebagai sosok Jong Soo. Jong Soo merupakan seorang pekerja paruh waktu di sebuah perusahaan distribusi. Jong Soo secara tiba-tiba bertemu dengan teman kecilnya, Hye Mi (Jeon Jong Seo) dan diperkenalkan kepada orang tak dikenal bernama Ben (Steven Yeun).

Sejak awal, Burning memang sudah mencuri perhatian. Film ini juga sempat bertarung di Cannes Film Festival 2018 untuk perebutan penghargaan Palme d’Or.

Sumber : Okezone