Begini Model Smartphone Layar Lipat Samsung

Justin Denison memamerkan prototipe Samsung layar lipat (Reuters/Stephen Lam)
08 November 2018 16:10 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SAN FRANCISCOVendor ponsel terkemuka Korea Selatan, Samsung, akhirnya mengumumkan prototipe ponsel lipatnya. Smartphone terbaru itu diumumkan pada Konferensi Pengembangan yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (7/11/2018).

Pengumuman tersebut sekaligus menjadi langkah Samsung mendorong pengembang membuat aplikasi untuk mengisi smartphone lipat tersebut. Justin Denison, Wakil Presiden Pemasaran Samsung, menunjukkan smartphone layar lipat unggulan yang diagonalnya berukuran 7,3 inci atau sekitar 18,5 sentimeter. Dalam kondisi terlipat, smartphone tersebut tak ubahnya seperti ponsel tebal.

"Kami memperkirakan smartphone lipat ini meluncur di pasaran pada awal 2019 mendatang," kata VP Android Google, Dave Burke, seperti dilansir Reuters.

Smartphone lipat dari Samsung dirancang dengan dua layar. Agar layar utamanya bisa dilipat, ponsel ini menggunakan panel Infinity Flex. "Ketika dibuka ini adalah tablet yang memiliki layar besar. Namun, saat dilipat ini seperti smartphone biasa yang bisa dikantongi," jelas Justin Denison.

Director of Product Marketing Samsung, Hassan Anjum, mengatakan, layar smartphone lipat itu tidak menggunakan kaca, melainkan polimer komposit. Selain fleksibel, material tersebut mengurangi ketebalan layar hingga 45 persen. Ponsel ini bisa menjalankan tiga aplikasi secara bersamaan dengan fitur Multi Active Window.

Samsung bukanlah vendor pertama yang meluncurkan smartphone layar lipat. Sebelumnya, perusahaan asal China, Royole, telah merilis ponsel layar lipat yang diberi nama Flex Pai. Ponsel lipat dari Royole itu kabarnya bakal dijual di pasar Asia dan Eropa dengan harga sekitar Rp19 juta.