November Rain dan Momen Meleburnya Axl-Slash di Jakarta

Axl Rose memainkan piano saat Konser Guns N' Roses di Moskow. (Guns N' Roses)
08 November 2018 23:55 WIB Aprianus Doni Tolok/Adib Muttaqin Asfar Entertainment Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Bagi pecinta tembang klasik Guns N Roses, tak ada yang lebih ditunggu daripada November Rain di setiap konser Axl Rose dkk. Begitu pula dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Kamis (8/11/2018) malam ini.

Lagu itu adalah hit sepanjang masa GNR sejak band itu terbentuk pada 1985 silam. Bagi dua pentolan GNR, Axl Rose dan Slash, lagu ini juga komplet dan berimbang antara permainan piano dan gitar. Permainan melodi gitar Slash dominan di banyak bagian lagu itu, namun suara piano Axl juga muncul sejak awal hingga akhir.

Malam ini, Axl Rose kembali memainkan pianonya sambil mengeluarkan karakter vokal khasnya. November Rain dalam konser di Jakarta ini terasa istimewa karena dilantunkan di bulan November meski tidak sedang turun hujan.

November Rain adalah lagu balada berbalut rock yang memiliki durasi 8 menit 47 detik dalam versi rekaman resminya. Hal ini menjadikannya sebagai lagu GNR dengan durasi terpanjang setelah Estranged dan Coma. Dalam versi yang direkam pada 1990-1991, lagu ini dimainkan GNR dengan latar belakang suara orkestra yang membuatnya terdengar dramatis -- yang sayangnya tak terlihat di banyak penampilan live mereka.

Kemewahan itulah yang membuat lagu yang dirilis sebagai single pada 1992 dari album ketiga, Use Your Illusion I (1991),  itu menjadi sangat bernilai di konser-konser GNR. November Rain pernah berada di rangking 3 Billboard Hot 100 chart sekaligus sebagai lagu terlama yang pernah nangkring di 10 besar tangga lagu tersebut. Tak heran, lagu itu telah terjual lebih dari 1 juta kopi di seluruh dunia.

Di SUGBK, November Rain mengubah panggung yang semula panas oleh lagu-lagu tempo cepat GNR. Suasana pun menjadi syahdu saat Axl yang memakai jaket merah dan topi ala koboi mengajak penonton untuk ikut bernyanyi. Konser bertajuk Not In This Lifetime Tour ini menjadi menarik karena menjadi ajang reuni personil band asal Amerika ini. Seperti yang diketahui, Axl dan Slash sempat berseteru beberapa tahun terakhir.

Gun N Roses tampil dalam skuad penuh yakni Axl Rose (vocal/keyboard), Slash (lead guitar), Daff McKagan (bass), Dizzy Reed (keyboard), Richard Fortus (rhythm guitar), Frank Ferrer (drum), dan Melissa Reese(keyboard).

Konser ini pun menjadi pemuas kerinduan para penggemar band yang menjadi kiblat rock era 90-an. Menurut rencana, konser di Jakarta ini akan berlangsung 3 jam dan menjadi pembuka rangkaian tur Gun N Roses di kawasan Asia.