Di Malaysia, 24 Menit Adegan Film Bohemian Rhapshody Dihilangkan

Adegan di film Bohemian Rhapshody. (Istimewa - Youtube)
15 November 2018 23:10 WIB Newswire Entertainment Share :

Solopos.com, LOS ANGELES - Film Bohemian Rhapsody mendapat sambutan luar biasa hampir di seluruh dunia. Namun sayangnya, penonton di Malaysia harus menelan kekecewaan karena film yang bercerita mengenai Freddie Mercury dan band Queen itu mendapat sensor yang cukup masif.

Sensor itu dilakukan Dewan Sensor Malaysia untuk mendukung hukum pemerintah Malaysia dalam melawan homoseksualitas. Salah satu adegan yang dipotong adalah ketika Freddie Mercury (diperankan Rami Malek) menjelaskan kepada tunangannya, Mary Austin (Lucy Boynton) bahwa ia seorang biseksual.

Tidak itu saja, video musik I Want To Break Free yang dirilis pada 1984 juga dihapus. Sensor tersebut secara keseluruhan telah menghilangkan sekitar 24 menit adegan dalam film.

Para penonton di Malaysia pun tentu saja kecewa. Karena sensor ini telah mengganggu plot film. Warganet kemudian ramai-ramai berkomentar di media sosial dan menyampaikan kekecewannya. Warganet juga mengimbau agar menonton Bohemian Rhapsodhy di negara lain, atau menunggu film itu tersedia di Netflix.

Bohemian Rhapsody menjadi salah satu film paling menarik perhatian sepanjang 2018. Film yang disutradarai Bryan Singer ini mengeluarkan modal sebesar US$55 juta atau senilai Rp811,6 miliar. Hingga saat ini, film berdurasi 134 menit itu sudah meraih pendapatan hingga US$294 juta atau senilai Rp4,3 triliun.

Selain Rami Malek dan Lucy Boynton, Bohemian Rhapsody juga dibintangi Gwilym Lee (pemeran Brian May), Ben Hardy (Roger Taylor), Joseph Mazzello (John Deacon), dan Aidan Gillen (John Reid). Aaron McCusker (Jim Hutton) dan lainnya.

Bohemian Rhapsody mendapat ulasan positif dari para kritikus film. Namun ada beberapa bagian film yang dianggap tak sesuai fakta. Misalnya ketika Freddie Mercury meminta maaf kepada rekannya di Queen setelah ia divonis HIV, menjelang konser Live Aid yang bersejarah pada 1985. Tapi menurut kekasih laki-laki Freddie Mercury, Jim Hutton, Freddie didiagnosa HIV baru pada 1987.

Selain itu, kehidupan pribadi Freddie Mercury dengan orangtuanya dan kisah awal ia merasa sebagai biseksual, tak diungkap di film ini.

Sumber : Okezone