Perjalanan Karier Stephen Hillenburg Kreator Spongebob Squarepants

Stephen Hillenburg. (Istimewa)
29 November 2018 08:45 WIB Newswire Entertainment Share :

Solopos.com, LOS ANGELES - Kreator serial animasi Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg meninggal dalam usia 57 tahun, Senin (26/11/2018). Menurut Nickelodeon, penyebab meninggalnya Hillenburg lantaran penyakin syaraf yang sudah diderita Hillenburg sejak Maret tahun lalu.

Meskipun kini Hillenburg tak lagi ada di dunia, namun karya-karya semasa hidupnya masih terus menggema. Contohnya saja, Spongebob yang hingga kini masih tayang di Indonesia dan begitu digandrungi tak hanya oleh anak-anak namun menjadi tontonan keluarga.

Sebelum menjadi animator, Hillenburg sempat berprofesi sebagai pengajar biologi laut. Namun, seiring berjalannya waktu, Hillenburg lebih berminat pada seni dibandingkan mengajar ilmu pengetahuan alam.

Di tahun 1992, karya Hillenburg dilirik oleh Jules Engel. Berawal dari situlah, pria kelahiran 21 Agustus 1961 itu mulai merencanakan karya berikutnya. Ia pun membayangkan ide proyek dengan sekumpulan kehidupan laut antropromofik.

Meskipun sudah terbayang, namun karya tersebut masih ia matangkan selama hampir satu dekade.

Karier awal sebagai animator, Hillenburg mendapatkan proyek serial televisi Mother Goose and Grimm. Pekerjaan tersebut dilakoni Hillenburg saat mengikuti CalArts di tahun 1991 sampai 1993.

Tak hanya mengerjakan satu proyek saja, Hillenburg pun menggarap beberapa film pendek seperti The Green Beret (1991) dan Wormholes (1992). Sementara itu, film pertamanya berjudul The Green Beret.

Berawal dari pertemuan dengan Joe Murray, Hillenburg mendapat tawaran pekerjaan sebagai sutradara seni untuk animasi Rocko's Modern Life di tahun 1992.

Kemduian, Hillenburg menjadi bagian dari Nickelodeon sebagai penulis, produser, dan seniman storyboard pada seri musim ketiga. Karier Hillenburg pun berlanjut di musim keempat.

Usai projek Rocko’s Modern Life berakhir pada 1996, Hillenburg mulai mengerjakan proyek Spongebob Squarpants. Sebenarnya, premis animasi ini sudah dibayangkan Hillenburg sejak 1984 ketika dirinya mengajar biologi laut di Ocean Institute.

Mahakarya Hillenburg ini pertama kali disiarkan pada 1 Mei 1999. Popularitas Spongebob Squarepants menjulang di musim kedua. Tayangan ini berhasil menduduki posisi kedua produk Nickelodeon setelah Rugrats.

Di awal kehadirannya, Spongebob Squarepants mulai digemari tak hanya para anak-anak namun usia menjelang dewasa. Sebanyak 40% dari penonton Spongebob ternyata berusia 18-34 tahun.

Di season ke-3, sebuah prestasi kembali diraih oleh Spongebob. Tayangan animasi ini menjadi peringkat pertama setelah mengalahkan Rugrats.

Selain menciptakan karakter-karakter dalam serial SpongeBob, Hillenburg juga menyutradarai The SpongeBob SquarePants Movie yang dirilis pada 2004. Kemudian, di tahun 2015, Hillenburg juga menjadi produser eksekutif dan penulis cerita The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water, sekuel dari film 2004.

Sumber : Okezone