SOLOPOS.COM - Rihanna (Solopos-dok)

Solopos.com, JAKARTA – Sejumlah selebritas dunia berikut ini memiliki kekayaan yang fantastis, dari belasan triliun rupiah hingga puluhan triliun rupiah. Forbes kembali merilis daftar miliarder dunia, kali ini dari dunia selebritas. Nama artis sampai atlet, dari Taylor Swift, Michael Jordan sampai George Lucas masuk dalam daftar.

Dalam daftar miliarder selebritas terbaru Forbes, sebagian besar orang di dalamnya telah menghasilkan miliaran dolar dari profesi mereka menjadi pengusaha bisnis mereka sendiri di luar klaim ketenaran mereka.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Bintang pop Rihanna, misalnya, membangun kekayaannya terutama dari sahamnya di perusahaan bernilai USD2 miliar dari merek makeup Fenty Beauty, perusahaan patungan dengan raksasa mewah LVMH, dan pembuat pakaian dalam Savage X Fenty.

Kemudian, Jay-Z menjadi miliarder hip hop pertama berkat dua perusahaan alkohol, D’Usse Cognac dan Armand de Brignac Champagne.

Dia menjual 50 persen sahamnya kepada LVMH, dan dia juga memiliki saham di Uber dan Block, serta investasi lainnya.   Michael Jordan memperoleh kurang dari USD100 juta dari karier bola basketnya, tetapi mengantongi banyak uang dari Nike. Jordan mendapatkan skor terbesarnya pada bulan Agustus, ketika dia menjual saham mayoritasnya di Charlotte Hornets dengan penilaian yang sangat tinggi sebesar USD3 miliar.

Berikut ini daftar 14 selebritas yang memiliki kekayaan kolektif sebesar USD31 miliar, yang telah mengubah ketenaran mereka menjadi kekayaan yang cukup untuk masuk dalam daftar Miliarder Dunia 2024. Perkiraan ini menggunakan asumsi USD1 = Rp15.000.

 

14. Taylor Swift

Kekayaan Bersih: USD1,1 Miliar (sekitar Rp16,5 triliun)

Penyanyi yang dijuluki Miss Americana itu mengakhiri salah satu tahun paling berpengaruh yang pernah dialami seorang musisi dengan menjadi miliarder pada Oktober 2023.   Pendapatannya yang diperkirakan sebesar USD190 juta setelah pajak dari Eras Tour yang bersejarah membantu mendorong musisi country dan pop ini masuk ke dalam klub tiga koma, dan menjadi orang pertama yang murni menjadi miliarder hanya dari menulis lagu dan melakukan pertunjukan.

 

13. Dick Wolf

Kekayaan Bersih: USD1,2 Miliar (sekitar Rp18 triliun)

Dalang di balik acara kriminal yang paling banyak ditonton di TV, termasuk Law & Order dan FBI, Wolf memulai debutnya dalam daftar miliarder berkat pendapatan sebelum pajak hampir USD2 miliar dari 30 tahun karirnya di televisi.

 

12. Magic Johnson

Kekayaan Bersih: USD1,2 Miliar (sekitar Rp18 triliun)

Johnson membuat namanya terkenal di dunia bola basket, tetapi jauh sebelum gaji gila-gilaan atau bahkan kesepakatan dukungan akhir-akhir ini.   Sebaliknya, dia memperoleh kekayaannya dari bisnis dan, khususnya, melalui kemitraan dengan miliarder lainnya. Dia memiliki bagian dari NFL’s Washington Commanders (dengan Justin Harris), MLB Los Angeles Dodgers (dengan Todd Boehly), WNBA’s Los Angeles Sparks, dan MLS ‘LAFC.  Selain itu, sebagian besar kekayaannya berasal dari sahamnya di penyedia asuransi jiwa EquiTrust yang berbasis di Iowa.

 

11. LeBron James

Kekayaan Bersih: USD1,2 Miliar (sekitar Rp18 triliun)

Pemain bola basket hebat ini telah menghasilkan lebih dari USD1 miliar pendapatan di dalam dan di luar lapangan selama dua dekade karirnya.  Dia menginvestasikannya di real estate, saham di bisnis seperti Blaze Pizza, perusahaan produksi dan hiburannya sendiri, SpringHill, dan, tentu saja, olahraga.   James juga memiliki saham di Fenway Sports Group, pemilik MLB Boston Red Sox;  klub sepak bola Liverpool dan Pittsburgh Penguins dari NHL.

 

10. Tiger Woods

Kekayaan Bersih: USD1,3 Miliar (sekitar Rp19,5 triliun)

Tiger Woods berada di klub eksklusif, bergabung dengan Lebron James sebagai satu dari dua atlet yang menjadi miliarder saat masih aktif dalam olahraganya.   Tapi,  sumber harta terbanyaknya justru berasal dengan menjadi selebritas,  yang mendorongnya mengantongi pendapatan hingga sepuluh digit.  Pemenang Masters lima kali ini telah menghasilkan lebih dari USD1,7 miliar dalam karirnya, sebagian besar dari endorsement. Kesepakatan mereknya yang paling menonjol, kemitraan selama hampir tiga dekade dengan Nike, berakhir pada bulan Januari.  Woods segera mengumumkan lini pakaiannya sendiri, Sun Day Red.

 

9. Rihanna

Kekayaan Bersih: USD1,4 Miliar (sekitar Rp21 triliun)

Bintang pop ini memiliki saham di dua merek bernilai miliaran dolar: perusahaan kosmetik Fenty Beauty, yang dia miliki bersama raksasa barang mewah LVMH, dan bisnis pakaian dalam Savage X Fenty. Keduanya diberi nama sesuai nama penyanyi kelahiran Barbados yang bernama asli Robyn Fenty.

 

8. Tyler Perry

Kekayaan Bersih: USD1,4 Miliar (sekitar Rp21 triliun)

Perry telah menghasilkan lebih dari USD1 miliar pendapatan sebelum pajak selama tiga dekade berkarir dalam menciptakan dan berakting di acara TV, film, dan drama panggung.   Dia terkenal meminjamkan salah satu rumahnya di Los Angeles kepada Pangeran Harry dan Meghan Markle ketika mereka mengundurkan diri sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris.

 

7. Peter Jackson

Kekayaan Bersih: USD1,5 Miliar (sekitar Rp22 triliun)

Direktur visioner di balik franchise Lord of the Rings dan The Hobbit, Jackson memperoleh sebagian besar kekayaannya dari perusahaan efek visualnya, Weta Digital, yang menjual sebagian asetnya kepada pembuat game Unity Software pada 2021.  Kesepakatan itu berhasil membawa kekayaan pria asal Selandia Baru tersebut bertambah hampir USD1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

 

6. Kim Kardashian

Kekayaan Bersih: USD1,7 Miliar (sekitar 25,5 triliun)

Tidak ada seorang pun yang mendapat keuntungan lebih dari ketenaran menjadi seorang bintang realitas selain Kim Kardashian, yang kini telah menjadi miliarder dari merek kecantikan dan pakaiannya.  Lini shapewear miliknya, Skims, bernilai USD4 miliar pada putaran pendanaan 2023, dan dia menjual 20% perusahaan tata rias KKW Beauty ke Coty pada tahun 2020 seharga USD200 juta sebelum resmi menutupnya.



 

5. Jay-Z

Kekayaan Bersih: USD2,5 Miliar (sekitar Rp37,5 triliun)

Miliarder pertama di industri Hip-hop itu menjual 50% saham merek sampanye miliknya, Armand de Brignac, kepada raksasa barang mewah LVMH pada 2021 dengan harga setidaknya USD300 juta, dan saham mayoritas di label miliknya, D’Usse, pada 2023 dengan harga yang dilaporkan USD750 juta ke Bacardi.   Dia juga memiliki saham di Uber dan Block. Kekayaan bersihnya tidak termasuk kekayaan setengah miliar dolar milik istrinya, Beyonce.

 

4. Oprah Winfrey

Kekayaan Bersih: USD2,8 Miliar (sekitar Rp42 triliun)

Pembawa acara bincang-bincang siang hari ini menjadi miliarder perempuan kulit hitam pertama pada 2003.  Bertahun-tahun setelahnya, dia telah membangun mereknya menjadi kerajaan media dan bisnis, termasuk investasi di real estate dan perusahaan produksinya sendiri.

 

3. Michael Jordan

Kekayaan Bersih: USD3,2 Miliar (sekitar Rp48 triliun)

Jordan menjadi atlet miliarder pertama pada 2015, namun hal itu bukan karena karier bola basketnya yang legendaris atau kemenangannya dalam perjudian.   Sebaliknya, Jordan telah meraup lebih dari USD1,8 miliar dari kemitraan merek, yang paling terkenal adalah merek Jordan milik Nike.   Dia juga melakukan investasi yang sangat bijaksana pada 2010, dengan membeli tim NBA Charlotte Hornets seharga USD175 juta. Dia kemudian menjual tim tersebut pada Agustus 2023 seharga USD3 miliar.



 

2. Steven Spielberg

Kekayaan Bersih: USD4,8 Miliar (sekitar Rp72 triliun)

Spielberg bergabung dalam daftar miliarder pada 1994, dan menjadi sutradara pertama yang masuk dalam daftar tersebut, setelah serangkaian film hits yang mencakup Jaws, Jurassic Park, dan Schindler’s List.  Dia tetap memiliki kekayaan fantastis kendati mengaku dirinya seorang penjudi dan tidak menerima gaji selama hampir satu dekade sekarang. Sebaliknya, kekayaannya bersumber dari hasil bernegosiasi untuk mendapatkan persentase penjualan kotor filmnya, dan dia masih mendapat bagian dari setiap tiket yang terjual di taman hiburan Universal berkat serial Indiana Jones.

 

1. George Lucas

Kekayaan Bersih: USD5,5 Miliar (sekitar Rp82,5 triliun)

Sutradara Star Wars, yang memulai debutnya sebagai miliarder pada 1997, dia menjadi selebriti terkaya berkat perusahaan produksinya LucasFilm, yang dia jual ke Disney pada 2012 dengan harga tunai dan saham lebih dari USD4 miliar.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “14 Selebritas Miliarder Terkaya Dunia, Harta Sutradara Star Wars Rp87,57 Triliun”





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya