SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani. (Instagram @ahmaddhaniofficial)

Solopos.com, SOLO–Ahmad Dhani bantah Once Mekel pernah bayar royalti lagu Dewa 19. Hal ini merupakan buntut dari konflik seputar royalti lagu-lagu Dewa 19. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Ahmad Dhani sebelumnya melarang Once membawakan lagu-lagu milik Dewa 19.  Kendati demikian, pentolan Dewa 19 itu mengizinkan Once menyanyikan lagu-lagu ciptaannya yang lain.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Terbaru, Ahmad Dhani tersebut secara terang-terangan menyebutkan jika Once Mekel belum pernah sekalipun membayarkan royalti atas lagu band Dewa 19 yang dinyanyikan olehnya. Di sisi lain, Once Mekel justru pernah menjelaskan jika bukan dirinya yang bertanggung jawab untuk membayar royalti ke Ahmad Dhani.

Menurut Once beberapa waktu lalu, terdapat sebuah peraturan yang mengatur jika si penyelenggara acara atau EO yang berkewajiban untuk menyetorkan uang ke LMNK dan selanjutnya diberikan ke pencipta lagu. Pada saat itu Once juga menerangkan jika pihak EO-lah yang bertanggung jawab untuk membayar sejumlah uang kepada LKMN berdasarkan Peraturan Menteri No 9 Tahun 2022, terkait royalti.

Dengan demikian pihak Once tak memiliki urusan lagi untuk membayar royalti ke pihak pencipta lagu. Namun, menanggapi pernyataan Once tersebut, suami dari Mulan Jameela justru dengan lantang membantah hal tersebut dan menagih bukti jika pihak EO telah membayar kepada LKMN.

“Saya mau tagih, katanya ada royalti, mana buktinya? Show me the money. Boleh ditanya ke Once ada enggak laporannya? Karena sampai saat ini, saya belum dapat laporannya,” ujar Ahmad Dhani dikutip dari kanal Youtube Star Story pada Rabu (5/3/2023).

Musikus 50 tahun ini juga menuturkan jika dirinya tak asal bicara mengenai pembayaran royalti. Karena menurut Dhani sejak Once hengkang di tahun 2010, tak ada sama sekali laporan atas lagu band Dewa 19 yang dinyanyikan olehnya.

“Jadi kalau dibilang sudah bayar, saya bilang itu bullshit! Karena saya tidak pernah menerima laporannya,” sambung Ahmad Dhani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya