SOLOPOS.COM - Ki Joko Bodo. (Instagram/@sahabatnetizen)

Solopos.com, SOLO-Alasan Ki Joko Bodo tobat dan memutuskan tidak lagi melakukan praktik paranormal bikin warganet penasaran. Simak ulasannya di kabar artis meninggal dunia ini.

Sebagaimana diketahui mantan paranormal nyentrik yang telah memutuskan berhijrah ini meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022). Kabar duka tersebut disampaikan oleh konsultan supranatural Ki Prana Lewu dalam unggahan Instagramnya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Dalam unggahan tersebut, Ki Prana Lewu mengucapkan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Ki Joko Bodo. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan @kijoko.bodo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT, amin YRA,” tulis Ki Prana Lewu.

Baca Juga: Ki Joko Bodo Dikabarkan Sakit Kena Guna-Guna, Begini Penjelasan Anak

Semasa hidup dikenal sebagai paranormal nyentrik hingga akhirnya memutuskan berhijrah, lalu apa alasan Ki Joko Bodo tobat dan tidak lagi melakukan praktik paranormal? Hal itu pernah diungkapkan putrinya, Ayda Prasasti Paraningratu atau akrab disapa Sasti.

“Ayahku ga ada cerita apa yang membuat ayahku klik berhijrah. Karena ayahku bilang kalo misalkan setiap harinya manusia itu berhijrah, manusia itu setiap harinya bertumbuh lebih baik, setiap harinya dia berusaha jadi invidu yang lebih baik lagi,” tuturnya dikutip dari kanal Youtube Cumicumi pada Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Profil Ki Joko Bodo: Mantan Paranormal yang Meninggal, Sempat Jadi Tour Leader

Kendati demikian menurutnya proses hijrah sang ayah berlangsung secara bertahap. “Hijrah ini sebuah proses kan seiring berjalannya waktu. Hijrahnya bertahap. Suatu saat ada guru ayahku dari pesantren datang  dari situ ayahku coba ikut salat berdoa dan sebagainya. Tapi itu dilakukan secara bertahap juga kalo dulu mau melakukan ibadah nanti dulu kalo sekarang begitu denger azan langsung salat,” tuturnya.

Setelah hijrah, Ki Joko Bodo tidak lagi melakukan praktik paranormal.  “Sepertinya aku udah ga pernah liat lagi. Udah dari tahun 2018.. 2018 kita udah sering melakukan kegiatan keagamaan udah melakukan salat berjemaah,” tuturnya.

Baca Juga: Ki Joko Bodo, Paranormal Nyentrik yang Memutuskan Hijrah

Pernyataan Ki Joko Bodo beberapa waktu lalu bisa jadi alasan dirinya tobat sebagai paranormal tersebut.  “Kita selalu akan dikurangi, dikurangi umurnya, dikurangi matanya udah kabur, rambut udah memutih, kemudian gigi ompong. Itulah tanda-tanda zaman. Saya sempat menangis ketika mengenang kebesaran Tuhan,” ujarnya dikutip dari kanal Youtube SCTV.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya