SOLOPOS.COM - Joey Alexander (Istimewa/Instagram.com)

Joey Alexander, pianis jaz asal Bali, albumnya nangkring di posisi 59 Billboard 59 (di atas Metallica) sekaligus mencapai kenaikan album tertinggi pekan lalu.

Solopos.com, NEWYORK — Musisi belia Indonesia Joey Alexander belum berhenti membuat kejutan. Setelah menjadi nominee Grammy Award 2016, nama Joey masuk dalam catatan Billboard karena penjualan albumnya yang sangat fantastis pekan lalu dan kembali masuk ke Billboard 200.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Albumnya, My Favorite Things, kini nangkring di posisi 59 chart Billboard 200. Jangan membandingkan posisi itu dengan 25 milik Adele dan Purpose dari Justin Bieber yang memuncaki chart tersebut. Pekan ini My Favorite Things kembali masuk ke chart dengan catatan luar biasa dan itu adalah posisi tertinggi Joey di chart (tangga) album Billboard.

Billboard mencatat album milik remaja 12 tahun melejit pekan ini dengan penjualan 9.000 kopi atau naik 3.563%. Hal itu tak hanya membuatnya kembali masuk ke chart 200, tapi juga membawanya ke puncak chart album jaz, yaitu Jazz Albums and Traditional Jazz Albums. Pekan lalu, My Favorite Things di chart album jaz itu di peringkat 22, dan kini ada di nomor 1.

Selain di membuat pencapaian luar biasa di penjualan album, Joey Alexander juga meloncat 5 peringkat ke posisi 25 di chart Jazz Digital Songs. Hitnya, My Favorite Things berada di nomor 6 dengan 1.000 download atau naik 1.722%.

Kenaikan drastis ini terjadi setelah profil Joey muncul di CBS’ 60 Minutes 3 Januari 2016 lalu. Pencapaian ini lebih drastis daripada album Paper Gods dari Duran Duran (posisi 45 Billboard 200) yang mengalami kenaikan penjualan 1.722% karena rencana konsernya.

Album Joey juga lebih baik daripada Metallica milik Metallica di posisi 64 Billboard 200. Metallica juga mengalami kenaikan peringkat di chart dengan cukup meyakinkan, dari 122 pekan lalu menjadi 64, dengan kenaikan nilai penjualan 6%.

Billboard 200 merupakan tangga album Billboard yang membuat peringkat album terlaris setiap pekan, baik penjualan album fisik maupun digital atau streaming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya