SOLOPOS.COM - Krisdayanti (onesoft.web.id)

Krisdayanti (onesoft.web.id)

SOLO–Menjelang pemilu 2014, banyak banget artis ngemanfaatin momentum itu untuk terjun ke dunia politik. Popularitas mereka sebagai selebritis menjadi modal utama menggaet massa untuk membidik kursi wakil rakyat atau kepala daerah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mereka ngikutin jejak para artis yang sukses menjadi anggota DPR, seperti Eko Patrio, Venna Melinda, Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Rieke Dyah Pitaloka, Rachel Mariyam, Wanda Hamidah, Angelina Sondakh, Nurul Arifin dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini, sejumlah partai politik (parpol) diserbu para artis. Mereka menjadikan parpol sebagai kendaraan politik untuk mewujudkan hasratnya di pemilu 2014. Partai Hanura mengukuhkan dua orang artis kawakan menjadi pengurus Srikandi Hanura dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) organisasi sayap di Jakarta, seperti dilansir JIBI, Jumat (8/3/2013). Kedua artis cantik itu tidak lain, penyanyi Krisdayanti dan aktris papan atas Mariam Bellina.

Selain Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pun menjadi pilihan segudang artis. Partai yang dikomandani Muhaimin Iskandar itu menerima belasan artis, seperti Tommy Kurniawan, Arzeti Bilbina, Mandala Saouji, Qubil Aj, Cinta Penelope, Said Bajuri, Ayu Azhari, Krisna Mukti, Gunawan, Iyet Busthami dan Akri Patrio.

Partai Amanat Nasional (PAN) juga kebanjiran artis yang berniat nyaleg di pemilu 2014. Sebelum tersangkut kasus narkoba, Raffi Ahmad, digadang-gadang menjadi calon legislatif (caleg) PAN. Enggak cuma Raffi, sejumlah artis papan atas juga masuk ke partai di bawah pimpinan Hatta Rajasa itu.

“Sejauh ini yang sudah terdaftar ada Marissa Haque, Ikang Fawzi, Hengky Kurniawan, Lucky Hamzah dan Raffi Ahmad. Prinsipnya kami menempatkan artis itu seperti bakal caleg yang lain,” kata Sekretaris Jenderal DPP PAN Taufik Kurniawan di komplek parlemen, Senayan Jakarta, Senin (21/1).

Ashanty dan Desy Ratnasari juga disebut-sebut masuk bursa caleg PAN. Meski para artis tersebut memiliki modal popularitas, PAN tidak memberi perlakuan istimewa pada mereka. Menurut Taufik, partai lebih mengutamakan kualitas kerja dan pemikiran mereka, bukan popularitas.

Partai Gerindra juga dilirik banyak artis. Artis sinetron Irwansyah mendaftarkan diri sebagai caleg ke Gerindra setelah gagal mencalonkan diri sebagai Bupati Tangerang 2012 lalu. Kendati aktif di dunia politik, suami Zaskia Sungkar ini akan tetap menjalankan rumah produksi. “Enggak ditinggal. Saya punya PH (Production House) sekarang dan lebih banyak di belakang layar,” ungkapnya, seperti dilansir Detik.com, (14/2).

Dua pebalap nasional yang juga kakak beradik, Ananda Mikola dan Moreno Suprapto, menyusul Irwansyah dengan memilih Gerindra menjadi kendaraan politik mereka.

Presenter Charles Bonar Sirait pun enggak ingin tertinggal. Kini, ia udah menjadi caleg Partai Golongan Karya (Golkar). Namun, anaknya mewanti-wanti enggak boleh masuk Badan Anggaran karena takut terseret kasus korupsi.

Fenomena artis berpolitik enggak hanya terjadi belakangan. Menjelang pemilu 2009 lalu pun banyak artis yang menjadi caleg dan akhirnya melenggang ke Gedung DPR. Para artis itu enggak puas hanya menjadi caleg, tetapi juga mengincar kursi kekuasaan gubernur dan bupati.

Seperti Julia Perez yang pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Pacitan pada 2010. Saipul Jamil meramaikan bursa Wakil Walikota Serang pada 2008. Ayu Azhari juga pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Sukabumi pada 2010. Rano Karno pernah menjadi calon wakil gubenur Banten. Dicky Chandra yang pernah merasakan jadi Wakil Bupati Garut pun pilih mundur dari jabatannya.

Belum lama ini, pilkada Jawa Barat juga diramaikan dengan sejumlah artis, seperti Dede Yusuf, Rieke Dyah Pitaloka dan Dedy Mizwar. Selain itu, pesulap Limbad pun mencalonkan diri menjadi Bupati Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya