SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Glastonbury, sebuah kota kecil di Inggris yang populer sebagai tempat digelarnya salah satu festival musik terbesar di dunia, kini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Penulis Andrea Hirata pun berharap Belitung bisa seperti kota tersebut.

Setahun belakangan, pariwisata di Belitung semakin meningkat. Peningkatan tersebut diakui banyak pihak karena kesuksesan novel karya anak asli Belitung, Andrea Hirata. Bahkan, tak hanya hotel-hotel yang baru dibangun, pelabuhan pun dinamai ‘Laskar Pelangi’. Itu ditujukan sebagai penghargaan atas andil besar seorang Andrea Hirata.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

“Ada empat hal yang menarik wisatawan. Satu view, dua human, culture, dan event,” ungkapnya saat ditemui di Pelabuhan Laskar Pelangi, Jumat (10/6/2011).

Dari keempat syarat menarik wisatawan, hanya satu yang belum dimiliki kota yang terkenal dengan tambang timah tersebut. Hal itu adalah event. Andrea pun berharap kedepannya bisa merealisasikan hal itu. “Glastonbury itu kan dulunya hanya tempat festival musik. Sekarang bisa menjual, jadi tempat wisata,” tuturnya.

Meski kerap menelurkan ide tentang wisata, Andrea bukanya tanpa halangan. Menurutnya, ide-ide tersebut hanya keinginannya. Ia juga tak ingin terlalu vokal untuk urusan seperti itu.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya