SOLOPOS.COM - Ilustrasi (showbiz.liputan6.com)

Ilustrasi (showbiz.liputan6.com)

Sukses digelar di Jakarta dan Bali penghujung tahun 2012 lalu, Festival Film Perancis bakal kembali diadakan serentak di 11 kota besar Indonesia seperti Balikpapan, Bandung, Lampung, Makassar dan Solo, Sabtu-Minggu (19-20/1/2013) mendatang di bioskop masing-masing kota. Pemutaran film Perancis di Solo digelar di XXI Solo Square mulai pukul 17.00 hingga 21.15 di Studio 3 dan Studio 5.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Sebanyak lima film bakal digeber selama dua hari. Film-film tersebut yaitu Asterix & Obelix, Intouchables, Comme un Chef, Camille Redouble dan Les Lyonnais. Kelimanya berasal dari berbagai genre, seperti action, drama, percintaan dan kisah tentang persahabatan dengan durasi waktu sekitar dua jam.

Pemutaran film Perancis yang diadakan oleh Institute Francais Indonesia (IFI) Jogja dengan Educatour serta Novotel Solo ini digelar kali pertama di Solo. Sebelum Solo, Jogja sudah lebih dulu menggelar acara serupa sejak beberapa tahun lalu. Sementara, di Indonesia sendiri sudah diputar sejak 1996 di Kota-Kota besar seperti Jogja, Surabaya, Bandung dan Jakarta. “Acara semacam ini untuk menjalin hubungan baik sekaligus promosi budaya Perancis di Indonesia,” ucap Direktur IFI Jogja, Xavier ricard, saat jumpa pers di Hotel Novotel Solo, Jumat (11/1/2013) siang.

Film-film yang diputar itu menurut Xavier, merupakan film baru yang dirilis tahun 2011 dan 2012. Semua film sudah dialihbahasakan, ada yang dialihbahasakan ke Bahasa Inggris maupun Indonesia. “Ada yang Bahasa Inggris ada juga yang dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia,” tambahnya.

Setelah Festival Film Perancis ini, pihak penyelenggara berencana membuat kegiatan berkelanjutan agar film dan budaya Perancis semakin di kenal. Salah satunya dengan mengadakan pertunjukan tari Perancis sekitar Oktober mendatang. Pihak penyelenggara juga akan mengadakan pemutaran film Perancis rutin per satu bulan. “Kalau per minggu mengadakan acara kan enggak mungkin, nanti melihat animo masyarakat dulu. Bagaimana antusias penontonnya,” tambah General Manajer Novotel Solo, Thomas Colbert dalam jumpa pers.

Selain mengadakan pemutaran film Perancis, Panitia Festival Film Perancis juga akan memutar sepuluh film pendek 17 Januari mendatang di Kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Film pendek tersebut merupakan hasil seleksi Kompetisi Film Pendek Nasional yang diadakan sejak beberapa bulan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya