SOLOPOS.COM - Taman Balekambang (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Taman Balekambang (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO — Sukses menjadikan Sendratari Ramayana sebagai agenda rutin di tahun 2012, Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Taman Balekambang bakal menambah hiburan bertema tradisi di tahun 2013 ini. Hiburan tersebut bertajuk Opera Nusantara yang dijadwalkan setiap dua bulan sekali pada Minggu pagi.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, Senin (7/1/2013), saat ditemui Solopos.com di kawasan Balekambang, menjelaskan Opera Nusantara merupakan hiburan yang berisi tentang legenda-legenda di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Salah satu legenda yang pernah dipentaskan dalam bentuk opera ialah Jaka Tarub di akhir 2012 lalu.

Pementasan Opera Nusantara biasanya melibatakan anak-anak sebagai pemain utama. Dalam pementasan tersebut tak hanya ceritanya yang mengambil tema nusantara, kostum dan musik pun disesuaikan dengan daerah asal cerita tersebut.

“Jadi kami ingin sekaligus mengenalkan budaya dan daerah tersebut kepada para pengunjung,” urai Endang.

Opera Nusantara di 2013 bakal diawali dengan pementasan legenda Malin Kundang yang dimeriahkan oleh anggota Sanggar Pincuk. Pemain Malin Kundang bakal mengenakan pakaian adat Sumatera Barat serta diiringi musik tradisional daerah tersebut. “Kami juga ingin mendidik masyarakat lewat pementasan ini,” tegas Endang.

Endang menambahkan, setelah program dua bulanan itu lancar, ia berencana menjadikan Opera Nusantara sebagai agenda rutin per satu bulan.

“Melihat animo masyarakat, kalau bagus dan dananya ada ada kemungkinan jadi bulanan. Sementara per dua bulan dulu,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya