SOLOPOS.COM - FAM (istimewa)

Band indie Solo ini terkait album perdana FAM yang dibuat dalam kaset analog.

Solopos.com, SOLO – Grup band indie asal Solo, FAM atau Firda And Man, merilis album perdana mereka berjudul The FAM.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Karya yang berupa mini album itu berisi enam lagu berjudul Iya, Maukah Kau, Karena Kamu Istimewa, Engkaulah, dan Maaf Ku Tak Bisa. Ada pula Thank God I’m In Love With You yang merupakan single perdana mereka dengan aransemen ulang.

Di dalam pembuatan album itu, mereka bekerja sama dengan studio rekaman lokal Solo, Puspawarna Record.

Namun, berbeda dari band-band indie lainnya yang mengeluarkan compact disc (CD), FAM mengeluarkan album perdananya itu dalam bentuk kaset analog pada akhir Oktober.

“Kami mengeluarkan album perdana dalam bentuk kaset karena kaset diprediksi akan booming lagi. Beberapa band di Jakarta dan Bandung ada yang sudah membuat karya dalam bentuk kaset karena sulit dibajak,” kata Man yang bernama lengkap Indra Permana, saat ditemui di Solo Grand Mall, Sabtu (5/9/2015).

Meskipun langkah awal mengeluarkan kaset, mereka juga akan mengeluarkan CD setelah dua bulan merilis karya itu dan berpromosi ke beberapa stasiun radio di Solo.

Tapi, di dalam CD itu akan ditambah empat lagu sehingga menjadi 10 lagu. Album itu akan diedarkan secara umum di antaranya di Solo, Jakarta, Jogja, Bandung, dan Kalimantan.

Man menyatakan semua lagu FAM bertema percintaan remaja karena disesuaikan dengan sang vokalis, Farda, yang masih SMA. Hanya, musik yang dibuat Man bernuansa retro sehingga menjadi genre pop meltic seperti band Naif.

Terkait terbentuknya FAM, Man mengungkapkan berawal dari Farda yang belajar musik di West Brother Studio di daerah Mangkunegaran. Man yang merupakan salah satu pengajar di tempat itu melihat kemampuan Farda dalam bernyanyi karena memiliki suara unik.

Suatu saat, Farda menunjukkan lirik lagu karangan ibunya yang berbahasa Inggris kepada Man. Man lalu membuat musik dari lirik itu, dan muncul ide untuk membentuk band minimalis yang hanya terdiri atas dua personel yakni Farda di vokal dan Man di musik akustik.

Akhirnya, pada November 2013, terbentuklah FAM dengan single perdana Thank God I’m In Love With You.

“Selain merilis album perdana dalam bentuk kaset, kami juga mengunggah lagu-lagu itu di media sosial sebagai ajang promosi. Sebenarnya, kami juga mendapat tawaran pentas di beberapa tempat. Tapi, waktunya sering berbenturan dengan sekolah Farda. Jika sudah kuliah, waktunya akan lebih fleksibel sehingga kami bisa menerima tawaran pentas. Yang penting, saat ini kami terus berkarya,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya