SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Mengawali 2013, Bangkutaman, band folkrock asal Jogja mengeluarkan single terbaru berjudul Langkah Baru. Single yang dirilis secara gratis itu sebagai kado Tahun Baru.

Lagu tersebut ditulis sang vokalis sekaligus bassist Bangkutaman, Wahyu Nugroho atau yang biasa disapa Acum. Nuansa folkrock sangat kental dalam lagu ini yang memang telah menjadi ciri khas band yang berdiri sejak 13 tahun silam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Dalam lagu ini saya coba tambahkan chord powerpop 70-an, tapi nggak sampai menghilangkan klasik folkrock-nya. Yah, coba ekplorasi aja. Biar lebih berwarna namun nggak keluar dari pattern Bangkutaman,” ujar Acum bercerita tentang lagu ini di kediamannya di Depok, Jawa Barat, Minggu (6/1/2013).

Perihal penulisan lagu, Acum mengaku terinspirasi kala dirinya berada di dalam sebuah kereta api listrik menuju lokasi tempat kerja. “Saya melihat saat itu orang-orang di sekeliling sangat bersemangat beraktivitas, semua itu nampak dari wajah mereka, seolah setiap hari adalah langkah baru bagi mereka,” cerita Acum yang juga mantan wartawan majalah musik Nasional ini.

Acum bercerita, lirik langkah baru lebih bercerita tentang aktivitas keseharian seseorang di tahun yang baru. Lagu ini sarat akan nuansa positif, meski di tengah-tengah situasi yang kadang enggan untuk berubah, langkah baru seakan mengajak kita untuk mengubah kita menjadi pribadi yang baru. Pribadi orang perkotaan yang tahan banting dan pantang menyerah.

Proses rekaman untuk single Langkah Baru dilakukan secara live overdub selama tiga hari di studio  record store bernama Heyfolks! yang memang jadi basecamp dari Bangkutaman. Suara backing vocal perempuan dalam lagu ini diisi oleh Stephanie Eka atau yang lebih dikenal dengan Sesi. Sesi sebelumnya mengisi vokal di mini album Sakit Generik milik singer-songwriter Harlan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya