SOLOPOS.COM - Personel grup band Bangkutaman (IST)

Personel grup band Bangkutaman (IST)

JAKARTA—Band asal Jogja, Bangkutaman dianugerahi sebagai band indie dengan rilisan single/EP terfavorit se-Asia Tenggara oleh label musik SEA Indie yang berbasis di Bangkok, Thailand.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Melalui EP (Extended Play/mini album) mereka yang bertitel Catch Me When I Fall yang dirilis 19 April 2011 silam oleh label tersebut, Bangkutaman berhasil menyisihkan sejumlah band lain dari Asia Tenggara berkat polling yang diadakan Desember lalu.

Yang lebih membanggakan, lima band teratas semuanya berasal dari Indonesia. Bahkan band asal Jogja lainnya Answer Sheet meraih posisi kedua.

“Menurut saya, hasil itu lebih menunjukkan solidaritas penggemar musik indie pada umumnya, penggemar Bangkutaman pada khususnya di Indonesia. Kekuatan Catch Me When I Fall terletak pada kesederhanaan komposisi, itu mungkin faktor utama pemicu banyaknya vote,” kata Justinus Irwin, sang gitaris, di Jakarta, Rabu (11/1).

Mini album Catch Me When I Fall milik Bangkutaman berada di posisi teratas setelah meraih 30,39% dari total suara, album mini self-titled milik Answer Sheet menempati posisi kedua dengan 20,44%, Old Friend EP milik Ballads of the Cliche di posisi ketiga dengan 19,89%, diikuti album mini self-titled dari Swimming Elephants dengan 8,29%, dan Good Morning milik Jody in the Morning Glory Parade dengan 7,18%.

Rilisan Catch Me When I Fall melalui label SEA Indie diawali dengan keinginan sang vokalis/bassis Wahyu ‘Acum’ Nugroho untuk merilis single di luar Indonesia.

 

“Awalnya kami hanya ingin mengirim single Catch Me When I Fall saja, tetapi label itu memutuskan untuk merilis EP, jadinya kami tambahkan empat buah lagu lagi,” tegas Acum.

Selain Catch Me When I Fall, empat lagu lain turut dikirim dari Jakarta ke Bangkok. Miracle Shall Not Come So Soon, She Burns the Disco, Jalan Pulang  versi live, serta Hei Hei Hei, materi yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Untuk diketahui, SEA Indie adalah sebuah label yang hanya merilis single/EP dari grup atau musisi asal Asia Tenggara, telah melepas sebelas rilisan.

Selain lima yang telah disebutkan di atas, mereka juga telah merilis self-titled EP milik Hummingbert, penyanyi dan penulis lagu asal Bangkok, Thailand; sepasang single dari DOT, duo elektronika asal Bangkok, Thailand; dan self-titled EP dari That’s Lemoney, kuartet asal Kedah, Malaysia yang membaurkan rock n’ roll Inggris kental dengan jazz.

Sementara tiga rilisan lainnya berasal dari Indonesia, yaitu Her Gentlemen and Friends milik Her Gentlemen, self-titled EP milik Tantrum, dan dua single dari L’Alphalpha.(Harian Jogja/Wahyu Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya