SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani dan Once. (Instagram @oncemekelofficial)

Solopos.com, SOLO-Konflik Ahmad Dhani dan Once Mekel diduga berawal mula dari persoalan royalti lagu-lagu Dewa 19 yang dibawakan di luar konser grup band tersebut. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui secara resmi pentolan Dewa 19 itu melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. “Saya umumkan, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Sejak saya ucapkan di media hari ini. Saya larang Once Mekel atau Elfonda Once menyanyikan lagu Dewa 19,” ujar pentolan Dewa 19 itu seperti dikutip dari kanal Youtue CumiCumi pada Kamis (30/3/2023).

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Dhani mengungkap alasan melarang pria bernama lengkap Elfonda Once itu menyanyikan lagu Dewa 19 adalah untuk menjaga marwah konser band legendaris itu. “Karena sekarang Dewa 19 sedang melakukan tur. Habis Lebaran, nanti dua kali dalam seminggu, itu tur bersama Dewa 19. Jadi tidak boleh ada konser lain yang mengganggu, yang menggunakan lagu Dewa 19,” ungkap Dhani.

Benarkah persoalan royalti lagu Dewa 19 menjadi awal mula konflik Ahmad Dhani dan Once Mekel?  Dhani mengungkapkan selama ini dirinya sebagai pencipta lagu-lagu Dewa 19 tidak pernah dimintai izin oleh performer yang memakai lagu-lagu Dewa 19.

“Selama ini izin aja ga ada ya, minimal telepon atau WA gitu. Minimal itu aja nggak ada tiba-tiba saya lihat nyanyi lagu ini, lagu itu. Itu moral aja, yang dilanggar bukan hukum tapi moral. Penyanyinya nggak melanggar hukum, yang melanggar itu EO,” ujarnya di kanal Youtube Video Legend yang diunggah beberapa waktu lalu, dikutip pada Rabu (29/3/2023).

Namun dia menegaskan untuk masalah royalti lagu bukan kewajiban penyanyi untuk membayarnya, melainkan kewajiban EO selaku penyelenggara konser. Hal ini juga berlaku untuk lagu-lagu Dewa 19 yang dinyanyikan Once Mekel.

Hal ini dapat dilihat dari unggahan Instagramnya pada 28 Maret 2023 lalu. Dhani mengunggah tangkapan layar percakapan di WA dengan WAMI. “Tolong siapin data EO yang ngundang Once ada ga?” demikian bunyi percakapan itu.

Meski tak menagih Once Mekel untuk membayar royalti lagu-lagu Dewa 19, Ahmad Dhani mengatakan performer hendaknya meminta izin kepada pencipta lagu saat hendak menyanyikan sebuah lagu. “Kita ga usah bicara soal hukum, kita bicara soal moral aja. [Mau menyanyikan] Lagu kalo ada moral minimal izinlah bro gue nyanyiin lagu elo ya. Kecuali nyanyi di kafe ga bayar ga papa justru saya senang jika lagu Dewa 19 dinyanyikan di kafe. Ini bicara di luar hukum, moralnya dijalankan dulu,” tegasnya.

Awal mula konflik Ahmad Dhani dan Once Mekel adalah sikap tidak kooperatif sang mantan vokalis terkait lagu Dewa 19 yang dibawakannya lantas merembet ke bayaran mahal. Alhasil sang mantan vokalis itu tidak diajak konser Dewa 19.

Kendati demikian Ahmad Dhani menegaskan hubungan dirinya dan Once Mekel, baik-baik saja.  “Jadi kalo ada yang nanya Mas Dhani Mas Dhani ada apa dengan Once? Saya sama Once ndak ada apa-apa, yang wajib bayar bukan Once, tapi EO nya makanya saya harap jangan konfirmasi lagi ke Once. Once tidak mewakili pengarang lagu dan juga Once juga tidak tidak mewakili ahli hukum hak-hak kekayaan intelektual. Jadi saya ulangi sekali lagi biar nggak salah, ini untuk EO-nya bukan utk penyanyinya,” tuturnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya