SOLOPOS.COM - Film Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Solopos.com, SOLO-Meskipun film Oppenheimer karya Christopher Nolan membuat para penonton terkesan dengan kecakapan teknisnya yang luar biasa, film ini tidak terlepas dari kontroversi dan kritik.

Film biografi berdurasi tiga jam ini menceritakan kisah hidup J. Robert Oppenheimer (diperankan oleh Cillian Murphy), fisikawan teoritis yang secara luas dikenal sebagai “Bapak Bom Atom”, dan telah dipuji oleh para kritikus karena penuturannya yang bernuansa tentang tokoh sejarah yang rumit.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Film ini didasarkan pada buku biografi American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang memenangkan Hadiah Pulitzer tahun 2006. Kemenangan dan Tragedi J. Robert Oppenheimer, salah satu dari sekian banyak kisah kehidupan dan warisan Oppenheimer.

Namun, menurut cucu Oppenheimer, Charles Oppenheimer, keluarga fisikawan terkenal ini memiliki pendekatan mereka sendiri terhadap penggambaran fisikawan dan nuansa tambahan yang harus dimasukkan.

Salah satu kritik terhadap film Oppenheimer adalah pada adegan yang menunjukkan fisikawan membaca ayat-ayat dari kitab suci Sansekerta kuno, yang konon adalah Bhagavad Gita. Adegan ini menerima cibiran.

Beberapa orang juga telah mengemukakan ketidakakuratan dalam film tersebut.  Partisipan terbaru dalam diskusi yang sedang berlangsung seputar film ini adalah cucu Oppenheimer, Charles, yang menyarankan bahwa ada satu adegan dalam film ini yang bisa saja diubah.

Charles menyebutkan bahwa bagian yang paling tidak disukainya adalah referensi tentang apel beracun, yang merupakan masalah dalam American Prometheus. Charles mengatakan bahwa dia pasti akan menghapus bagian tersebut dari film tersebut.

“Tapi saya tidak bisa membayangkan diri saya memberikan saran tentang hal-hal film kepada Nolan. Dia adalah seorang ahli, dia adalah seorang seniman, dan dia adalah seorang jenius di bidang ini,” tuturnya kepada Time dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (28/7/2023).

“Bahkan penulis Prometheus dari Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka tidak benar-benar tahu apakah itu terjadi. Tidak ada catatan tentang dia mencoba membunuh seseorang. Tidak ada satu pun musuh atau teman Robert Oppenheimer yang mendengar hal itu selama hidupnya dan menganggapnya sebagai sesuatu yang benar,” kata Charles.

“American Prometheus mendapatkannya dari beberapa referensi yang berbicara tentang perjalanan liburan musim semi. Bahkan para reporter mencatat bahwa mereka tidak tahu apa yang dia bicarakan. Sayangnya, American Prometheus menyimpulkan bahwa Robert Oppenheimer mencoba membunuh gurunya,” tambahnya.

Dalam biografi Ray Monk, Robert Oppenheimer: A Life Inside the Center penulis menyatakan bahwa insiden tersebut ditutup-tutupi pada saat itu, dan tidak ada satu pun dari teman-temannya yang mengetahuinya hingga mereka diberitahu oleh Oppenheimer sendiri, biasanya dalam versi yang kurang lebih menyesatkan.

Namun demikian, Charles menyebutkan bahwa ia menyukai beberapa dramatisasi.

“Saya pikir percakapan Einstein dengan Oppenheimer di bagian akhir sangat efektif meskipun itu tidak bersejarah. Saya melihatnya bekerja di lokasi syuting dengan intensitas yang luar biasa ketika saya berkunjung sekali atau dua kali, dan kami melakukan percakapan yang hebat. Selama film berlangsung, saya mendapati diri saya menerima dan menyukainya. Saya pikir film ini menceritakan sebuah kisah yang menarik dan saya bisa menganggapnya sebagai sebuah karya seni yang benar-benar menarik. Saya sangat senang mendapatkan reaksi tersebut. Saya tidak menduganya.” ujar Christopher Nolan.

“Sebagai representasi dramatisasi dari sejarah, film ini sangat akurat. Ada beberapa bagian yang tidak saya setujui, tapi bukan karena Nolan,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Cucu Oppenheimer Kritik Adegan ‘Apel Beracun’ di film Besutan Christopher Nolan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya