SOLOPOS.COM - Whitney Houston. (Instagram @whitneyhouston)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah artis yang masih mengantongi pendapatan tinggi kendati sudah meninggal dunia di antaranya adalah Michael Jackson dan Whitney Houston. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Melansir Forbes, artis dari kalangan musisi, penulis, dan artis papan atas lainnya dengan bayaran tahunan tertinggi versi Forbes menghasilkan sekitar US$470 juta selama 12 bulan terakhir.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Jumlah tersebut menurun 70 persen dari pendapatan kotor rekor hingga sebesar US$1,6 miliar pada 2022. Penurunan tajam ini sebagian disebabkan oleh penurunan penjualan katalog musik.  Adapun, pendapatan para mendiang artis itu juga disumbang dari karya-karyanya baik yang diperbarui atau benar-benar bari, masih dimunculkan dan beredar di pasaran.

Dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (1/11/2023), berikut ini 10 artis yang sudah meninggal dunia namun masih menghasilkan pendapatan tinggi pada 2022 menurut Forbes:

1. Michael Jackson

Pendapatan 2022: US$115 juta
The King of Pop kembali ke puncak daftar selebriti yang sudah meninggal dengan pendapatan tertinggi untuk pertama kalinya sejak 2019 berkat hit Broadway MJ: The Musical, yang meraup sekitar US$85 juta dalam penjualan tiket selama setahun terakhir.

Jackson juga meraup jutaan dolar dari pertunjukan Cirque du Soleil, Michael Jackson ONE, di Las Vegas. Penghasilannya akan terus meningkat setelah pada awal tahun ini perusahaan Jackson menandatangani kontrak dengan Michael, sebuah film biografi yang akan disutradarai oleh Antoine Fuqua dan dibintangi oleh keponakan Jackson, Jaafar.

2. Elvis Presley

Pendapatan 2022: US$100 juta

Meskipun Elvis telah meninggal hampir 50 tahun lalu, namun masih pantas menjadi Raja musik. Graceland, rumah Presley di Memphis, Tennessee, dikunjungi sekitar 600.000 pengunjung dalam 12 bulan terakhir dan perkebunan tersebut memiliki berbagai sumber pendapatan, termasuk tiket dan barang dagangan.

Setelah kematian putri satu-satunya Elvis, Lisa Marie Presley, pada Januari karena serangan jantung, mantan istrinya, Priscilla, dan cucunya Riley Keough terlibat dalam pertarungan hukum yang kontroversial untuk menguasai kedua perkebunan tersebut. Keough, aktris berusia 34 tahun yang membintangi Daisy Jones and the Six, menjadi satu-satunya wali dari keduanya.

3. Ray Manzarek

Pendapatan 2022: US$45 juta

Dalam salah satu dari beberapa kesepakatan katalog musik besar tahun ini, mendiang pemain keyboard Doors dan gitaris yang masih hidup, Robby Krieger, bersama-sama menjual hak mereka atas musik band tersebut kepada Primary Wave.

Akuisisi tersebut mencakup hak atas rekaman musik, penerbitan, merek dagang dan merchandising, serta pendapatan terkait. Drummer John Densmore dan pewaris Jim Morrison mempertahankan kepemilikan mereka atas hak The Doors.

4. Dr. Seuss

Pendapatan 2022: US$40 juta

Pembaca muda bahkan masih belum puas dengan buku-buku yang ditulis dan diilustrasikan oleh Theodor Seuss Geisel, seperti How the Grinch Lost Christmas. Penjualan karya-karya yang masih mengalir itu menjadi sebagian besar pendapatan tahunannya yang menggiurkan. Sisa pendapatan Dr. Seuss berasal dari lisensi karakter klasiknya seperti Grinch, Cat in the Hat, dan Lorax, yang meningkat sejak tahun lalu.

5. Charles M. Schulz

Pendapatan 2022: US$30 juta

Karakter Charlie Brown dari Snoopy masih terkenal, terutama di masa menjelang Halloween. Hal ini membawa Schulz mengalami kemajuan finansial selama lebih dari satu dekade.  Pasalnya, karakter-karakter Geng Peanuts melanjutkan kerja sama dengan Apple, dan kini menayangkan acara spesial liburannya serta tampil di sederet produk digital untuk jam tangan merek tersebut.

Penggemar Snoopy, Linus, dan Lucy juga dapat membeli peralatan masak bermerek di Williams Sonoma, sepatu kets dari Cariuma dan Igloo Coolers, kolaborasi merek yang semuanya dirilis tahun ini.

6. Prince

Pendapatan 2022: US$30 juta

Prince juga merupakan salah satu artis yang masih menerima pendapatan tinggi sekali pun telah meninggal.  Ungkapan dunia kebahagiaan yang tiada akhir agaknya cocok untuknya yang masih menggenggam bagian dalam royalti masternya, royalti sebagai penulis, dan sejenisnya. Sejak kematian Prince pada 2016, The Purple One telah merilis tiga album.

Adapun, pada akhir Oktober, versi remaster dari album klasiknya pada 1991, Diamonds and Pearls, akan dirilis. Box set ini menampilkan 47 lagu yang belum pernah dirilis dan rekaman konser berjam-jam yang belum pernah dilihat sebelumnya.

7. Whitney Houston

Pendapatan 2022: US$30 juta

Whitney Houston seharusnya berusia 60 tahun pada 2023, dan para penggemarnya akan selalu mencintainya dan membeli karya-karyanya. Pendapatannya diraih berkat film biografi dan beberapa kolaborasi merek. Pada bulan Desember, film Whitney Houston: I Wanna Dance With Somebody meraup hampir US$60 juta di seluruh dunia. Kemudian, MAC Cosmetics merilis koleksi riasan bersama Houston estate, yang dijalankan oleh saudara iparnya, Pat Houston, dan Primary Wave.

8. John Lennon

Pendapatan 2022: US$22 juta

Lennon memperoleh royalti tetap dari katalog musik individualnya serta bagiannya dari musik Beatles. Katalog tersebut masih terus bertambah, minggu ini, lagu terakhir grup tersebut, Now and Then akan dirilis, berkat bantuan kecerdasan buatan. Ini didasarkan pada salah satu demo Lennon dari tahun 1970-an, yang tidak masuk dalam album Anthology milik grup tersebut.



9. Bob Marley

Pendapatan 2022: US$16 juta

Bob Marley juga merupakan salah satu artis yang masih menerima pendapatan tinggi meski telah meninggal. Lebih dari 40 tahun setelah kematian Bob Marley, musiknya masih banyak diminati. Begitu pula hak atas nama dan gambar-gambarnya, yang dapat ditemukan pada headphone, speaker, sepatu kets, dan, hingga ganja. Awal tahun ini, apotek bermerek Marley pertama dibuka di negara asalnya, Jamaika, dan tahun depan, film Bob Marley: One Love yang dibintangi Kingsley Ben Adir akan tayang di layar lebar.

10. Bing Crosby

Pendapatan 2022: US$14 juta

Mariah Carey mungkin bisa disebut “Ratu Natal”, tetapi dalam beberapa generasi musik sebelumnya, Bing tetap menjadi rajanya.

Harta miliknya masih memperoleh royalti dari katalog musiknya dan penggunaan lagu-lagunya. Awal bulan ini, perkebunan Crosby merilis album Bing Crosby’s Christmas Gems, yang membawa materi arsip dan rekaman langka ke layanan streaming tepat pada saat musim liburan. Rilisan baru ini mencakup debut digital duet Crosby dengan David Bowie, Peace On Earth / Little Drummer Boy tetapi tidak menyertakan hit terbesarnya, White Christmas.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sederet Artis yang Masih Kantongi Bayaran Tertinggi Meski Sudah Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya