SOLOPOS.COM - Soraya Haque. (Instagram/@sorayahaque)

Solopos.com, Solo-Diisukan pindah agama, artis Soraya Haque pun memberikan klarifikasi lewat akun Instagramnya pada Senin (18/4/2022). Rumor itu bergulir lantaran istri Ekki Soekarno itu pernah mengunggah patung salib disertai ayat Al-Qur’an.

Benarkah Soraya Haque telah kembali berpindah agama dari Islam ke Kristen. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Menanggapi isu pindah agama tersebut, Soraya Haque pun seolah memberikan klarifikasi melalui unggahan di Instagram terverifikasi miliknya.  Di unggahan tersebut, dia menulis bahwa dia menganut tafsir. Dia mengutip tulisan dari Islah Bahrawi selaku Direktur Jaringan Moderat Indonesia.

“Kita ini bukan penganut agama, tetapi kita ini penganut tafsir agama,” kata Soraya Haque di Instagram seperti dikutip pada Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Anthony Xie Akui Audi Marissa Pindah Agama

Selanjutnya, dia menuliskan ucapan dari ulama-ulama ternama mengenai konteks agama.  “Senada dengan pernyataan pak Quraish Shihab dalam Muqaddimah buku Jilbabnya: Pemahaman manusia terhadap suatu teks (nash) berbeda dengan teks itu sendiri,” ujarnya.

“Mahmud Syaltut dalam kitab karangnya al-islam aqidah wa syari’ah juga berkata: “Pemahaman manusia (ulama) bukan agama mengikat. Dan beberapa pendapat kaum cendikiawan bumi peristiwa dan para cendikiawan internasional yang juga mendukung pemikiran ini”,” sambungnya lagi.

Unggahan yang seperti klarifikasi atas isu Soraya Haque pindah agama ini pun langsung menuai beragam komentar dari para warganet. Kebanyakan warganet menyatakan sepakat dengan pendapat tersebut.

“Dari dulu salut sama mbak Aya. Beragamanya mengedepankan kemanusiaan,”  tulis salah satu warganet.

Baca Juga: Begini Kisah Yati Surachman Pindah Agama Kristen

“Jadi, lebih baik kita bicara tentang kemanusiaannya, daripada sibuk mengurusi hal2 yg dogmatis dari agama orang lain. Karena kita sudah bicara tentang kemanusiaan, harusnya tak ada lagi sekat2 dan sudut pemahaman yg sempit,” tulis warganet lainnya.

“Setuju sekali dengan mba Aya  Agama di turunkan dalam wahyu dan di tuliskan kembali oleh Nabi /sahabat/ dan yang diberi wahyu. Dan kemudian dituliskan kembali dengan pemahaman dan keterbatasan kita sebagai manusia, lalu berjalannya sejarah banyak nilai nilai yang juga berubah pemahamannya.. sehingga mari bijak dan cerdas serta bernalar dalam beragama  salut mba Aya banyak mengupas tulisan2 yang cukup sensitif di masyarakat tapi perlu kita ketahui bersama,” tulis warganet lainnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya