SOLOPOS.COM - Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf memimpin ribuan warga NU berselawat di Pamedan Pura Mangkunegaran, SOlo, Selasa (17/1/2023) malam. (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Selain sebagai ulama besar dari Kota Solo, Jawa Tengah, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf juga dikenal sebagai penyanyi lagu religi.

Ulama besar berusia 61 tahun itu bersama grup musik Ahbaabul Musthofa mengeluarkan beberapa lagu religi. Grup musik ini sudah berdiri puluhan tahun lalu dan menginspirasi banyak orang, terutama umat muslim untuk semakin mencintai Nabi Muhammad SAW melalui pujian selawat.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Ahbabul Musthofa sendiri bermakna para pecinta Al-Musthofa, yakni Rasulullah SAW. “Kenapa dinamakan Ahbabul Musthofa? Supaya kita diakui menjadi kekasihnya dan di akhirat bersama Rasulullah SAW.” kata Habib Syech,” dilansir laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Bersama grup musik tersebut, Habib Syech membawakan beberapa lagu selawat yang banyak dinikmati masyarakat. Beberapa di antaranya, Kisah Sang Rosul, Sholawat Badar, Ya Habib, Man Ana, Yaa Thoyba, Marhaban Yaa Marhaban, Shalawat Badar, hingga Allahul Kafi. Dia juga diketahui memiliki 13 album yang berisi selawat.

Namun, salah satu lagu selawat yang banyak ditonton di Youtube adalah Syaikhona. Di kanal Youtube Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, lagu religi tersebut telah ditonton lebih dari 2,8 juta kali.

Mengutip laman resmi Laduni.id, Habib Syech yang berguru dengan tiga ulama besar ini memiliki suara yang berat, berwibawa serta khas akan menyihir dan menghipnotis ribuan jemaah yang mendengar lantunan selawatnya.

Dia mulai berdakwah sejak 1980. Meskipun awalnya Habib Syech hanya mengikuti kegiatan yang diadakan masyarakat, tetapi karena perhatian dan komitmen Habib Syech dalam memberikan layanan kepada masyarakat telah menyita banyak perhatian masyarakat. Lambat laun, minat masyarakat yang terus tumbuh dan berkembang dimanfaatkan untuk berdakwah.

Sebagai informasi, Habib Syech yang terkenal dengan lagu-lagu selawatnya lahir di Solo pada 20 September 1961 dari ayah bernama Abdul Qodir Assegaf. Habib Syech memiliki istri bernama Sayyidah bin Hasan Alhabsyi dan mempunyai empat putra, yakni Habib Muhammad Bagir bin Syech Assegaf, Habib Umar bin Syech Assegaf, Sayyid Abu Bakar bin Syech Assegaf, dan Sayyid Toha bin Syech Assegaf.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya