SOLOPOS.COM - Ilustrasi karnaval budaya (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi karnaval budaya (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO–Selain pementasan Matah Ati, penyelenggaraan Federation for Asian Cultural Promotion (FACP) di The Sunan Hotel Solo, 6-9 September 2012, juga akan disemarakkan dengan diadakannya karnaval budaya Kota Solo. Delegasi internasional dalam FACP tersebut akan ambil bagian dengan mengenakan busana nasional dari negara masing-masing.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Delegasi peserta FACP itu juga akan menyaksikan pertunjukan Matah Ati versi panggung terbuka yang akan menjadi pertunjukan budaya megah sebagai malam puncak konferensi tersebut. Melengkapi pengalaman budaya di Solo, delegasi internasional peserta FACP juga akan mengikuti Cultural City Tour ke tempat-tempat wisata di Solo, seperti Istana Kasunanan, Museum Batik Wuryoningratan dan tempat pembuatan gong.

Hal itu mengemuka dalam jumpa wartawan penyelenggaraan FACP di Loji Gandrung, Senin (13/8). FACP merupakan wadah bagi para pekerja seni, khususnya seni pertunjukan untuk saling promosi silang budaya demi melestarikan dan memajukan budaya pertunjukan di Asia Pasifik, maupun menuju manca negara.

Penulis naskah, produser, sutradara serta perancang kostum Matah Ati, BRAy Atilah Soeryadjaya ditunjuk sebagai Gubernur Asia Pasifik mewakili Indonesia yang selama kurang lebih dari 25 tahun telah absen sebagai partisipan dalam konferensi tersebut.

“FACP yang didirikan sejak tahun 1979 dan sudah menjadi ajang konferensi terpenting dalam dunia internasional untuk bidang seni pertunjukan dan promosi budaya. Melalui konferensi ini, akan dibedah banyak hal tentang seni pertunjukan sekaligus sebagai ajang promosi silang budaya,” ujar Atilah saat menjadi salah satu pembicara dalam jumpa wartawan itu, Senin.

Konferensi tahunan ke-30 tersebut mengambil tema Merupa Seni Tradisi Seiring Zaman – Memasarkan Seni Asia Mendunia. Agenda FACP antara lain seminar oleh pembicara lokal maupun internasional seperti Belanda dan Filipina.

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) menambahkan penyelenggaraan FACP yang merupakan konferensi tingkat internasional itu diharapkan dapat mengangkat citra Kota Solo di mata internasional.

“Konferensi ini diharapkan akan lebih menciptakan brand Kota Solo sebagai kota seni dan budaya,” kata Jokowi.

Ditambahkan Jokowi, pihaknya siap mendukung penuh baik dari sisi penyelenggaraan konferensi, keamanan hingga dukungan terhadap para delegasi, peserta FACP maupun penonton pertunjukan Matah Ati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya