SOLOPOS.COM - Adegan film Zootopia. (Movies.disney.con)

Film terbaru Zootopia ternyata memenampilkan lantunan alat musik tradisional dari Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Selain mendulang kesuksesan dengan jalan cerita yang dibawakan, film Zootopia ternyata juga mendapat pujian dari aransemen musik yang mengiringinya. Di balik kesuksesan tersebut, ternyata nama Indonesia pun ikut disebut dalam proyek ini.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Adalah Michael Giacchino, seorang komposer yang bertugas menciptakan musik latar belakang film Zootopia. Ia mengaku menggunakan berbagai alat musik tradisional, termasuk dari Indonesia.

Kendati tidak diketahui secara detail alat musik tradisional apa yang Giacchino gunakan, namun ia sangat menginginkan sesuatu yang unik dan tak biasa. Maka dari itu, ia mencoba menggunakan beberapa alat musik tradisional dari Indonesia yang dipadukan dengan lonceng dari Timur Tengah. Hasilnya pun sangat memuaskan, ia berhasil mengaduk-aduk emosi para penonton melalui musik latar belakang yang ia ciptakan.

“Aku ingin menyuguhkan sesuatu yang unik dan menarik dan menggunakannya seperti layaknya kalian memainkan piano atau biola. Aku ingin menggunakan alat musik yang tidak biasa digunakan oleh kebanyakan orang,” kata Giacchino, seperti dilansir LA Times, Selasa (15/3/2016).

Giacchino menambahkan bahwa ia terinspirasi dari keanekaragaman kota New York yang sudah ia tinggali selama enam tahun. “Aku sudah tinggal di New York selama enam tahun dan selalu kagum tentang keanekaragaman bisa berjalan secara harmoni disana,” tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa meski Zootopia adalah film komedi animasi, ia tidak mencoba untuk menciptakan musik yang lucu. Giacchino justru berfokus pada musik yang sedih yang mengiringi perjuangan sang tokoh utama bernama  Judy Hopps.

Seperti yang diketahui, film Zootopia mengisahkan tentang seekor kelinci perempuan bernama Judy Hopps yang berusaha mewujudkan impiannya menjadi polisi. Meski dunia terus meremehkannya, ia tetap bertekad menumpas ketidakadilan yang terjadi di kota metropolis Zootopia.

Sebelum sukses dalam film Zootopia, Giacchino telah berhasil menyabet beberapa penghargaan untuk soundtrack film Inside Out dan Up. Dalam proyek Zootopia ini, pria berusia 48 tahun tersebut juga menggandeng komposer Emil Richards untuk beberapa alat musik khusus yang sebelumnya telah sukses dengan film Planet of The Apes(Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya