SOLOPOS.COM - Garin Nugroho digandeng Disbud Kota Joga gelar Musikal Hanacaraka. (filmfestivalrotterdam.com)

Solopos.com, JOGJA — Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja akan menggelar Musikal Hanacaraka sebagai bagian dari Festival Sastra. Kegiatan yang berupaya mengimplementasi pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra tahun ini bekerja sama dengan sutradara Garin Nugroho.

Menurut Kepala Disbud Kota Jogja, Yetti Martanti, Festival Sastra yang di dalamnya ada pertunjukan sastra Musikal Hanacaraka merupakan brand yang diusung oleh Disbud Kota Jogja. Salah satu tujuannya untuk membangkitkan denyut kehidupan sastra lokal di Jogja sebagai Kota Budaya.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

“Sastra bukan sekadar wacana, namun haruslah mewujudkan dalam sebuah karya yang apik,” kata Yetti dalam keterangan tertulisnya, Senin malam (16/8/2021).

Baca juga: Zikri Daulay Ungkap Mantan Istrinya Jadi Pacar Alvin Faiz Sejak Juni 2021

Sebelum nantinya menggelar Musikal Hanacaraka, ada beberapa rangkaian acara yang berlangsung dari Agustus sampai Oktober 2021. Rangkaian kegiatan ini seperti audisi Hanacaraka, workshop Hanacaraka, pameran virtual sastra, dan puncaknya pertunjukan sastra bertajuk Musikal Hanacaraka.

Audisi Hanacaraka bertujuan untuk mencari talenta-talenta yang berpotensi di bidang seni budaya seperti musik, tari, akting, dan bahasa Jawa. “Mereka yang terpilih dalam audisi ini akan menjadi bagian dari pertunjukan Musikal Hanacaraka dengan tim kreatif Garin Nugroho dan Paksi Raras Alit,” kata Yetti.

Pendaftaran Audisi Musikal Hanacaraka

Pendaftaran dan pengumpulan karya audisi Musikal Hanacaraka berlangsung dari 12 Agustus sampai 15 September 2021. Peserta perlu mengirimkan video berupa karya menyanyi, menari, atau berakting dengan dialog bahasa Jawa. Pengiriman materi lomba audisi dilakukan dengan mengunggah video tersebut ke Instagram pribadi dan diberi tagar sesuai dengan ketentuan yang bisa dilihat di akun Instagram @dinaskebudayaankotajogja dan @musikal.hanacaraka. Materi sudah disediakan oleh panitia dan bisa diunduh di bit.ly/audisihanacaraka dan website https://kebudayaan.jogjakota.go.id/.

Baca juga: Profil Erick Estrada, Artis Asal Solo yang Dijuluk Aktor Tanpa Skenario

Audisi Musikal Hanacaraka terbuka bagi warga Kota Jogja dengan segala rentang usia. Ada dua sasaran peserta yaitu kategori umum yang dibuktikan dengan KTP/KK/KIA. Atau surat keterangan domisili sanggar seni atau komunitas seni di wilayah Kota Jogja. Satu kategori lagi untuk pelajar SMA atau SMK sederajat yang bersekolah atau berdomisili di Kota Jogja. Pelajar bisa membuktikan dengan KTP/KK/KIA/Kartu Pelajar atau surat keterangan domisili sanggar seni atau komunitas seni di wilayah Kota Jogja.

“Penilaian peserta akan dilakukan secara daring oleh sejumlah dewan juri yaitu Garin Nugroho, Achi Pradipta, dan Kinanti Sekar dengan mempertimbangkan kemampuan vokal, kemampuan tari, kemampuan bahasa dan sastra Jawa, serta kreativitas,” kata Yetti.

Selain mendapat kesempatan berpartisipasi dalam pertunjukan Musikal Hanacaraka, lima peserta dari masing-masing kategori dengan penilaian terbaik berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan, tropi dan sertifikat. Adapun total hadiah total senilai Rp40 juta.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya