SOLOPOS.COM - Serangkaian kegiatan Gebyar Ikan menuju Sipa Bahari 2017 di Taman Urban Forest Kelurahan Pucang Sawit, Minggu (27/8/2017). (Istimewa/Dokumentasi Panitia SIPA)

Agenda budaya tahunan Solo International Performing Art (SIPA) 2017 digelar dalam berbagai kegiatan.

Solopos.com, SOLO–Acara tahunan Solo International Performing Art (SIPA) 2017 digelar di benteng Vastenburg selama tiga hari, Kamis-Sabtu (5/9-7/9/2017) mendatang.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Jelang penyelenggaraan event besar Kota Solo ini panitia dari SIPA Community telah menggelar dua kali pra event di tempat berbeda. Acara pertama digelar di Solo Grand Mall (SGM), Jumat (4/8/2017) malam. Dilanjutkan penampilan lima sanggar tari di Atrium Solo Square, Sabtu (19/8/2017).

Agenda menyambut SIPA 2017 ditutup dengan Gebyar Ikan di Taman Urban Forest Kelurahan Pucang Sawit, Minggu (27/8/2017) siang. Acara dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan sosialisasi, lomba menangkap ikan di area Urban Forest, dan makan ikan bersama seratusan warga sekitar.

Sesuai dengan tema besar mereka Bahari Kencana Maestro Karya, acara ini diselenggarakan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang peduli lingkungan bahari. Ini sebagai bentuk komitmen SIPA yang tak hanya menghadirkan pentas pertunjukkan tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat. Panitia SIPA Kholifia Risaini Jannah saat diwawancara Solopos.com, Minggu (27/8/2017), mengatakan mereka juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo terkait sosialisasi makan ikan dan hidup sehat.

Selain ajakan peduli lingkungan, DLH memberikan informasi terkait jenis-jenis ikan aman dikonsumsi. Dalam rilis mereka menyebutkan agenda ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga, merawat, dan mencintai laut. Sekaligus mengampanyekan hidup sehat dengan makan ikan sejak dini.

Sebelumnya Humas SIPA 2017 Rio Saputra mengatakan tahun ini mereka mengangkat tema besar bahari dengan maskot Eko Supriyanto, yang biasa dipanggil Eko Pece. Tak hanya penampil Indonesia, sejumlah delegasi dari luar negeri turut menyemarakkan event tahunan Solo ini.

“Sesuai dengan tema bahari, SIPA 2017 mengajak penonton menghargai keberadaan lautan di tanah air yang selalu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia, bahkan dunia,” kata Amrizal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya