SOLOPOS.COM - Salah satu adegan di Film Noah (thewire.com)

Solopos.com, MILWAUKEE--Setelah dikecam dan dilarang tampil di tiga negara Arab kini umat Kriten Amerika juga menyatakan penolakannya terhadap film Hollywood, Noah. Karakter Nabi Nuh dalam film besutan sutradara Darren Aronofsky tidak sesuai dengan yang tertulis di Alkitab. Nuh terlihat jauh lebih suram.

Perwakilan gereja Pantekosta Australia mengatakan terkejut dengan penggambaran Nabi Nuh dalam film itu. “Jika Anda mengharapkan film itu kata demi kata dari Alkitab, Anda akan terkejut, Ada kesempatan bagi orang Kristen untuk ikut mengecam film itu,” tulis perwakilan gereja seperti dilansir Dailymail, Rabu (12/3/2014).

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Kini umat kedua agama telah menyatakan satu suara mengecam film yang telah menelan biaya hingga Rp 1,4 triliun itu. Nabi Nuh juga menjadi sosok menonjol dalam Alkitab di kitab Kejadian dan dihormati oleh orang Kristen dan Yahudi.

Penonton lainnya di sebuah tes pemutaran terpisah bahkan mengatakan penggambaran Nabi Nuh sebagai seorang yang gila, irasional, dan gila agama yang terobsesi dengan masalah layaknya isu modern seperti masalah kelebihan penduduk.

Tiga negara Jazirah Arab telah memastikan akan melarang peredaran dan pemutaran film Noah yang akan tayang perdana pada 28 Maret 2014 di seluruh bioskop di dunia. Menurut beberapa Ulama di negara Arab, cerita dan penggambaran wajah Nabi seperti Nabi Muhammad di media Eropa dan Amerika Utara telah memicu protes di negara Muslim.

Otoritas tertinggi  Islam Sunni dan pusat utama ajaran Islam Al-Azhar di Kairo juga mengeluarkan fatwa terhadap film ini pekan lalu. Mereka berkeberatan atas setiap tindakan yang menggambarkan utusan, nabi-nabi Allah, dan para sahabat Nabi Muhammad SAW. “Mereka memprovokasi perasaan para penganut,” demikian pernyataan dalam fatwa tersebut.

Jerry A. Johnson, Presiden National Religious Broadcasters (NRB), kelompok konservatif, mengatakan dia memastikan semua orang yang melihat film ini tahu bahwa ini adalah interpretasi imajinatif dari Kitab Suci, dan tidak literal.

Fatwa yang dikeluarkan oleh lembaga Al-Azhar, mengutuk jika ada yang menggambarkan utusan Allah dan para sahabat Nabi (Muhammad SAW).

“Al-Azhar, memperbarui keberatan terhadap tindakan yang menggambarkan utusan dan nabi-nabi Allah, dan juga para sahabat Nabi (Muhammad SAW),” bunyi pengumumam yang disampaikan juru bicara Al-Azhar yang kami kutip dari Dailymail, Sabtu (8/3/2014).

Noah adalah sebuah film epik religius yang disutradarai oleh Darren Aronofsky serta diskenarioi oleh Aronofsky dan John Logan, dibintangi oleh Russell Crowe, Jennifer Connelly, Douglas Booth, Logan Lerman, Emma Watson dan Ray Winstone.

Film ini menceritakan  tentang Nabi Nuh yang berusaha menyelamatkan keluarga dan hewan-hewan dari banjir bah. Kisah ini sangat dihormati oleh umat Yahudi, Kristen, dan Islam. Bahkan, Alquran mengisahkan cerita ini dalam satu bab tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya