SOLOPOS.COM - PENAMPILAN WALDJINAH -- Penyanyi legendaris Solo, Waldjinah (kanan) tampil diiringi musik kolintang, Jumat (17/2/2012) malam. (JIBI/SOLOPOS/Nenden Sekar Arum)

PENAMPILAN WALDJINAH -- Penyanyi legendaris Solo, Waldjinah (kanan) tampil diiringi musik kolintang, Jumat (17/2/2012) malam. (JIBI/SOLOPOS/Nenden Sekar Arum)

SOLO – Ada yang menarik dalam panggung hiburan perayaan HUT Kota Solo di halaman Balaikota Solo, Jumat (17/2/2012). Kalau biasanya yang sering muncul dalam berbagai pertunjukan di Solo adalah musik modern atau setidaknya musik keroncong, malam ini yang tampil adalah musik kolintang.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Alunan alat-alat musik asal Minahasa, Sulawesi Utara itu pun berkolaborasi manis bersama penyanyi legendaris Solo, Waldjinah. “Ternyata bagus juga ya, kalau diiringi dengan kolintang,” celetuk Waldjinah yang membawakan lagu yang menjadi ciri khasnya, Walang Kekek. Seusai acara, Waldjinah kepada Espos menyatakan perkembangan musik tradisional memang harus terus didukung. “Harus ada lebih banyak lagi yang seperti grup musik kolintang dari Jakarta ini,” kata Waldjinah.

Fani, salah satu personel dari Sanggar Kolintang Palem, Jakarta, mengaku merasa gembira dengan sambutan di Solo. “Masyarakat Kota Solo sambutannya sangat baik dengan musik tradisional,” katanya. “Enggak semua kota antusias dengan kolintang,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Sanggar Palem juga menyerahkan perangkat kolintang sebagai hadiah bagi Pemkot Solo. Walikota Solo, Joko Widodo, menyambut gembira hadiah tersebut. “Semoga kolintang bisa berkembang di Solo berdampingan dengan gamelan dan musik tradisional Indonesia lainnya,” ujar Joko Widodo.

JIBI/SOLOPOS/Dian Dewi Purnamasari/Nenden Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya