SOLOPOS.COM - Iklan yang dibikin Gold's Gym Yunani. (Istimewa)

Iklan kontroversial yang dibikin Gold’s Gym menuai kecaman luas.

Solopos.com, ATHENA – Franchise Gold’s Gym di Yunani, mendapat kecaman akibat iklan yang dimuatnya di internet, Jumat (12/8/2016) lalu.  Gold’s Gym menampilkan poster iklan bertuliskan, “This is no shape for a girl”, dengan gambar buah pir di sampingnya.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Dari iklan tersebut tersirat makna bahwa bentuk tubuh pir yang membesar dari pinggul ke bawah dinilai tidak bagus dan bukan bentuk tubuh ideal bagi wanita. Sontak, reaksi pun berdatangan menanggapi iklan tersebut. Sebagian besar menilai apa yang dilakukan klub fitnes bernama Gold’s Gym Dreamland itu adalah tindakan body shaming, alias ledekan negatif tentang bentuk tubuh.

Aktris Abigail Breslin pun ikut berkomentar lewat akun Instagram-nya. Dengan mem-posting foto iklan tersebut, bintang film Zombieland itu menulis, “Wow sejujurnya jijik dengan iklan @goldsgym ini kamu seharusnya malu pada dirimu sendiri. Hal-hal seperti inilah yang menjadi alasan kenapa gadis-gadis usia 9 tahun punya gangguan pola makan. Olahraga seharusnya jadi sesuatu yang kamu lakukan untuk dirimu sendiri, kesehatanmu dan tubuh serta pikiran, bukan karena sebuah perusahaan yang mengumumkan tubuhmu bukanlah bentuk tubuh yang seharusnya dimiliki wanita.”

Abigail menambahkan, “Aku juga bertanya-tanya apakah menurut Gold’s Gym tidak masalah kalau pria juga punya bentuk tubuh pir? Menarik ya mereka harus mengkhususkan pada wanita.”

Dikecam banyak netizen, Gold’s Gym pusat di Texas, Amerika Serikat langsung merespon. Pusat kebugaran yang berdiri sejak 50 tahun lalu itu berencana memutuskan kontrak dengan franchise tersebut. Gold’s Gym juga melayangkan permohonan maaf melalui akun Facebook resminya, Selasa (16/8/2016).
Terkait kasus ini, Gold’s Gym saat ini meninjau kembali prosedur internal untuk memastikan insiden tersebut tidak akan terjadi lagi. Gold’s Gym pun meminta maaf lewat surat terbukanya itu.

Pihak Gold’s Gym menyatakan selama bertahun-tahun ini, pusat kebugaran tersebut didedikasikan untuk membantu orang-orang merasa lebih berdaya dan kuat lewat fitnes. Bukan justru membuat mereka terintimidasi dan malu dengan bentuk tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya