SOLOPOS.COM - Adegan yang menggambarkan suasana Jakarta, Indonesia, di The Last of Us. (Twitter @moviemenfes)

Solopos.com, SOLO-Kemunculan Indonesia tak hanya diwakili artis senior Christine Hakim, melainkan juga suasana Kota Jakarta sebagai salah satu setting cerita. Bahkan penampilan Christine Hakim yang berperan sebagai ilmuwan bernama Ratna itu menuai pujian dan jadi trending topic di Twitter.

The Last of Us merupakan drama seri adaptasi game populer yang dibintangi Pedro Pascal dan Bella Ramsey sebagai pemeran utama. Kisahnya tentang wabah infeksi mematikan yang membunuh hampir semua peradaban modern. Christine Hakim berperan sebagai ilmuwan dari Kemenkes yang menemukan jamur cordyceps penyebab wabah.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Adegan sang aktris ditampilkan sebagai opening dengan durasi sekitar 8 menitan.  Meski hanya sebentar, kemunculan Christine Hakim di episode kedua The Last of Us yang dirilis pada 22 Januari 2023 sukses membuat pemirsa terkesan.

Tapi kemunculan Indonesia di The Last of Us juga menuai pro kontra terkait cara serial HBO tersebut menampilkan Ibu Kota Jakarta. Alhasil Ada Indonesia Coy juga sempat jadi trending topic di Twitter.

“Ada Indonesia coy. The Last Of Us episode 2: Infected,” tulis akun Twitter @moviemenfes seraya mengunggah sejumlah foto adegan serial tersebut, dikutip dari Twitter pada Selasa (24/1/2023).

Banyak yang bangga dengan Christine Hakim lantaran sukses memberikan kesan kuat lewat penampilannya di film produksi Hollywood itu. Namun sejumlah warganet meminta agar  jangan overproud karena Indonesia ditampilkan dalam konteks negatif.  “Amrik kalo bikin series/film yang ada negara Timur Tengah, Asia Tenggara, atau Asia Selatan tuh kenapa ya mesti dikasih filter kuning. Bikin sakit mata,” cuit akun @hermioneera.

“Ada Indonesia dalam konteks negatif, karena fungi (jamur) yang menyebabkan jadi zombie itu dari Indonesia. Plus, color gradingnya warna kuning, kayak banyak polusi dan panas,” tambah akun @MichaelBelinsk5.

“Dulu ada editor yang bahas color grading tiap negara di sebuah film, ternyata benar kalau negaranya bukan empat musim plus negara berkembang pasti color gradingnya agak kuning menandakan panas dan nggak begitu maju,” ujar akun @taufanjiee.

“Dipilih Indonesia karena jamur cordyceps lebih relate di Indonesia, apalagi Bogasari salah satu pabrik tepung terbesar di Indonesia dan iklim yang cocok. HBO juga mau nambahin slot cerita yang ga ada di gamenya. Tentu ini semua fiksi ya,” cuit akun @valbdg mengingatkan.

Selain itu warganet juga cukup jeli melihat sejumlah kejanggalan dalam adegan yang menggambarkan Jakarta Indonesia di The Last of Us tersebut. Mereka menyebut lokasi yang disebut sebagai Jakarta sebenarnya adalah Sukajadi, Bandung.

“Bilangnya Jakarta, situasi sukajadi bandung, platnya DK. Yang nongkrong di warung chindo semua. Kurang multikultural apalagi sih Indonesia,” cuit @feuer_idn.

“Naha sukajadi pindah ke jakarta euy,” cuit @raytview.

“Ada Bandung coy, itu sukajadi waktu masih 2 arah,” tulis @Prakarsautama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya