SOLOPOS.COM - Logo Indonesian Idol 2014 (JIBI_Solopos_Dok.)

Solopos.com, SOLO – Gelaran Indonesian Idol 2014 kini menyisakan 11 kontestan, Sabtu (1/3/2014). Penentuan kontestan Idol yang terhenti atau tidak, berdasarkan hasil voting pemirsa televisi RCTI.

Di season kali ini, Indonesian Idol 2014 mengumumkan cara baru yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung kontestan favorit mereka. Setelah beberapa tahun sebelumnya, polling hanya bisa dilakukan melalui SMS dan telepon, kini ada cara yang dinilai lebih mudah yaitu dengan melalui Twitter Vote.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Embel-embel jejaring sosial Twitter yang biasanya gratis, ternyata beberapa tweeps kecele.

Sistem yang diterapkan di voting ini masyarakat harus membayar biaya tertentu sebelum memberikan suaranya kepada kontestan favorit mereka.

Untuk memberikan suaranya melalui Vote Twitter, penonton hanya perlu membuat Tweet dengan format #Vote (nama kontestan) dan juga membubuhkan mention @IndonesianIdol.

Penonton juga dapat menggunakan #Supervote (nama kontestan) untuk memberikan 20 suara hanya dalam satu kali tweet. Sayangnya, Indonesian Idol hanya menghitung suara yang masuk melalui Twitter setelah penonton membayar sejumlah uang.

Penonton diharuskan membayar nominal tertentu di situs vote.IndonesianIdol.com. pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, Doku Wallet, ATM Payment dan Alfa Group.

Biaya yang dikenakan berbeda tergantung dari pilihan paket yang dikehendaki oleh pemirsa. Paket berisi 5 suara dikenakan biaya Rp10.000, 10 suara dengan Rp20.000, 20 suara dengan Rp28.000, 50 suara dengan Rp95.000 dan  100 suara dengan biaya Rp186.000.

Pembayaran ini dinilai tak rasional mengingat pada dasarnya layanan Twitter sendiri bersifat cuma-cuma alias gratis. Cara ini dinilai beberapa pihak sebagai ajang pencari keuntungan oleh pihak acara.

Keganjalan tersebut juga menimbulkan beberapa kekecewaan yang layangkan oleh pemirsa melalui Twitter.

Klo ini bener pertama diindonesia!Vote pake twitter tapi paket bayar juga!…,” ujar pemilik akun @BayDawi

Pemilik akun @ikray_ juga mengungkapkan kekecewaannya, “nge vote finalis indonesian idol bvia twitter itu bayar ternyata, dikira gratis -__-.

Aihh rumpik.. vote Indonesian Idol via twitter juga tetep harus login dan ujung2nya BERBAYAR.. ouch! #bati,” ujar pemilik akun @imamnugraha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya