SOLOPOS.COM - Adinda Cresheilla. (Instagram/@dindachresheilla)

Solopos.com, SOLO-Perwakilan Indonesia Adinda Cresheilla berhasil tampil memukau dengan berbagai gaun yang mencerminkan kekayaan dan keindahan alam Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2022. Di ajang kontes kecantikan dunia itu dia meraih meraih posisi ke-4 (3rd Runner-Up).

Ada sejumlah busana yang dibawa Puteri Indonesia Pariwisata 2022 ini dalam agenda ratu dunia yaitu tema tarian, kekayaan laut dan alam Indonesia. Ketiga tema ini tertuang dalam empat gaun yang dikenakan perempuan berusia 24 tahun tersebut.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Baca Juga: Joss! Adinda Cresheilla Raih Posisi Keempat Miss Supranational 2022

Berikut ini empat gaun yang dikenakan Adinda di ajang Miss Supranational 2022 di Malopolska, Polandia dikutip dari berbagai sumber pada Minggu (17/7/2022):

1. Gaun Cocktail ala Tari Kabasaran, Minahasa

busana adinda cresheilla miss supranational 2022
Gaun Adinda Cresheilla. (Instagram/@dinda cresheilla)

Di momen para peserta Miss Supranational 2022 di seluruh dunia mengenakan gaun cocktail atau gaun pesta, Adinda tidak ingin kehilangan momentum mengenalkan warisan tradisi tarian Indonesia.

“Gaun cocktail ini terinspirasi dari Tari Kabasaran. Tari Kabasaran adalah salah satu jenis tarian perang masyarakat Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara,” demikian penjelasan dari laman Puteri Indonesia di Instagram seperti dikutip pada Minggu (17/7/2022).

Tari Kabasaran atau disebut Kawasaran diartikan sebagai sosok yang kuat, disegani, ditakuti, dan sakti.  Seiring dengan tidak adanya perang seperti di masa lalu, tarian ini tidak lagi digunakan sebagai tarian perang. Namun tarian ini berkembang menjadi tarian yang digunakan untuk upacara adat, penyambutan, dan acara budaya lainnya.

Baca Juga: Joss! Jihane Almira Asal Semarang Borong 3 Penghargaan di Ajang Miss Supranational 2021

“Saat ini, Tari Kabasaran lebih banyak ditampilkan sebagai tarian untuk menghormati para leluhur yang telah gugur di medan perang atas keberanian mereka membela tanah air. Pakaian penari Kabasaran sendiri didominasi warna merah sebagai simbol semangat, keberanian dan ketangguhan. Tema “Kabasaran” dipilih karena mewakili semangat dan keberanian Dinda Cresheilla yang akan berjuang mengharumkan nama Indonesia,” demikian penjelasan dari laman Instagram Puteri Indonesia.

2. Gaun Malam Terinspirasi dari Lahar Gunung Krakatau

gaun adinda cresheilla miss supranational 2022
Gaun Adinda Cresheilla. (Instagram/@dinda cresheilla)

Gaun ini adalah rancangan Maison Baaz Couture, yang terinspirasi dari letusan Gunung Krakatau yang mampu mengguncang seluruh dunia, dengan kekuatan yang maha dahsyat.

Baca Juga: Congrats! Puteri Indonesia Jesica Fitriana Sabet 2nd Runner-Up Miss Supranational 2019

Kekuatan inilah yang coba dimasukan ke tubuh dan diri Adinda, yang diharapkan mampu mengguncang dunia saat mengenakan gaun ini di panggung Miss Supranational 2022.

Warna merah dan lapisan tulle gaun ini menggambarkan lahar besar yang dimuntahkan Gunung Krakatau, dengan keindahan dan kemegahan yang menyatu dengan kulit Adinda.

3. Kostum Nasional Puspa Kusuma Negara

gaun adinda cresheilla miss supranational 2022
Adinda Cresheilla mengenakan gaun Puspa Kusuma Negara. (Instagram/@dinda cresheilla)

Kostum utama dalam kontes Miss Supranational 2022 yang dibawakan Adinda dirancang Naraya, yang mencerminkan keindahan berbagai bunga eksotis Indonesia. Diberi nama Puspa Kusuma Negara, karena kostum terinspirasi dari letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, menjadikan Indonesia sebagai paru-paru dunia, dengan beragam keanekaragaman hayati dan flora yang indah dan unik.

“Kostum ini terinspirasi dari keindahan alam khususnya flora di Indonesia. Indonesia sebagai negara yang terletak di ekuator zamrud menjadikan Indonesia sebagai Paru-paru Dunia yang memiliki keanekaragaman hayati dan flora yang indah, beragam dan unik. Helaian bunga, akar dan pohon dalam kostum ini disesuaikan untuk menggambarkan jenis bunga yang menjadi karakter dan identitas bangsa, seperti bunga melati putih sebagai bunga bangsa, bunga anggrek bulan  sebagai bunga pesona dan bunga padma raksasa  sebagai bunga langka,” demikian penjelasan dari Instagram Dinda.

Baca Juga: Indonesia Dihina Creative Director Miss Supranational, Putri Indonesia Pariwisata 2020 Pasang Badan

“Kami berharap Puspa Kusuma Negara menjadi daya tarik internasional untuk datang ke Indonesia dan mendorong mereka dalam melestarikan flora. Selain itu, terlihat seperti wangi bunganya, semoga bisa membuat Indonesia bangga di mata dunia,” demikian penjelasan dari Instagram Dinda dan Puteri Indonesia.

4. Gaun Wastra Samodra

gaun adinda cresheilla miss supranational 2022
Adinda Cresheilla mengenakan gaun Wastra Samoedra. (Instagram/@dinda cresheilla)

Gaun ini cukup spesial, karena dikenakan Adinda saat menerima mahkota Runner Up 3 Miss Supranational 2022, dari tangan Miss Supranational 2022, Chanique Rabe.  Gaun ini diberi nama Wastra Samodra, yaitu gaun yang terinspirasi dari luasnya samudra nusantara, dan menjadikan Adinda sebagai dewi lautan Indonesia.

Baca Juga: Profil Jihane Almira, Gadis Asal Semarang Yang Berhasil Boyong 3 Penghargaan Miss Supranational

Detail gaun biru dengan corak abstrak dan terpecah-pecah menggambarkan betapa dahsyatnya ombak dari lautan Indonesia, khususnya setelah meletusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda. “Kami membayangkan Adinda Cresheilla seperti seorang dewi yang muncul dari lautan menggambarkan ombak di tubuhnya yang kami gambarkan dengan ombak yang abstrak dan terpecah-pecah pada selembar kain tulle kosong dengan detail yang memberi gerakan sehingga memberikan keagungan saat dikenakan oleh  Adinda Cresheilla saat berjalan,” demikian penjelasan dari Instagram Puteri Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya