SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyanyi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Terkadang dianggap sama, padahal sebetulnya ada perbedaan definisi antara artis dan selebritas. Seperti diketahui belakangan banyak bermunculan artis dadakan.

Bahkan tak jarang mereka bisa populer tanpa berbekal karya atau bakat sama sekali. Mereka bisa mendadak terkenal hanya gara-gara konten viral.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Bahkan gara-gara konten viral baik di Twitter maupun di TikTok,  mereka sudah bisa tampil di televisi. Mereka diundang jadi bintang tamu di sejumlah stasiun televisi.

Padahal, sebenarnya ada perbedaan artis dan selebritas loh, bukan hanya gara-gara viral dan tampil di televisi semata! Lalu apa perbedaannya?

Berikut ini perbedaan artis dan selebritas seperti dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (10/2/2023):

1. Artis

Artis merupakan kata yang berawal dari kata art, yang berarti seni. Karena itu artis biasanya disebut sebagai seseorang yang berprofesi sebagai seniman.  Seorang seniman biasanya adalah orang yang kreatif dalam berimajinasi, dan mahir di bidang tertentu, seperti lukisan, membuat patung, seni tari, hingga film.

Itu artinya, profesi artis biasanya dikaitkan dengan kekaryaan. Saat seseorang menghasilkan sebuah karya atau melakukan proses seni, maka dia bisa disebut seorang artis.

Contohnya, aktor dan aktris adalah seorang artis, karena akting mereka menghasilkan sebuah film. Musikus adalah artis, karena karya mereka adalah lagu. Pelukis adalah artis, karena lukisan mereka adalah karya mereka.

Karena itu, kamu tidak perlu masuk TV untuk bisa menjadi seorang artis. Bahkan, bagi kamu yang memiliki hobi dan bakat bernyanyi atau akting, maka kamu bisa disebut sebagai artis.

2.  Selebritas

Untuk mengetahui perbedaan artis dan selebritas, kamu juga perlu tahu definisinya terlebih dahulu.  Selebritas merupakan seseorang yang setiap gerak langkahnya tak pernah luput dari sorotan media massa.

Beberapa orang yang berprofesi sebagai seorang selebritas menjadi populer karena prestasi dan kiprahnya. Namun ada pula seorang selebriti yang populer karena kontroversi kehidupannya.  Seseorang yang memiliki karier yang sukses dalam beberapa bidang seperti olahraga dan hiburan juga berkaitan dengan status sebagai selebriti.
Ada juga tokoh-tokoh politik yang sering kali banting setir menjadi selebriti atau sebaliknya yakni seorang selebriti yang merambah dunia politik.

Kesimpulannya, seseorang bisa disebut sebagai selebritas karena perhatian media massa yang tertuju pada gaya hidup, kekayaan, atau tindakan kontroversial mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya