SOLOPOS.COM - Maudy Ayunda. (Instagram @maudyayunda)

Solopos.com, SOLO-Maudy Ayunda memaparkan apa yang bakal dilakukannya bila terpilih menjadi Mendikbudristek. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui pemilik nama lengkap Ayunda Faza Maudya itu berhasil meneruskan pendidikannya di Oxford University. Dikutip dari casita.com pada Senin (11/9/2023),  Oxford University merupakan universitas yang menduduki peringkat pertama dalam Universitas Global Terbaik di Eropa.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Akun TikTok @felicia.tjisaka membagikan video bersama pemeran Perahu Kertas itu di akun TikToknya. Felicia bertanya kepada Maudy Ayunda tentang apa yang akan Maudy lakukan jika dirinya menjadi Mendikbudristek di Indonesia.

“Jadi Kak Maudy kalau hari ini akan jadi menteri pendidikan dan kebudayaan, kira-kira bakal ngapain?” tanya Felicia.

“Bisa dibilang aku pasti akan mengubah satu assessment karena assessment itu filtering through akhirnya impacting the way that teachers teach, the way that students learn, the way that parents incentivize their kids. Kalau asessment-nya itu open ended question dan bukan multiple choice pasti murid juga belajarnya beda, guru juga ngajarnya beda dan akhirnya yang di-grading itu critical thinking and analyzing dibandingin sama memorization,” jawab Maudy.

Jika menjadi Mendikbudristek, Maudy Ayunda menjelaskan bahwa ia ingin mengubah assessment (evaluasi pendidikan). Hal itu Maudy lakukan karena assessment akan berdampak pada cara guru mengajar, cara murid belajar dan cara orang tua memberi insentif.  Maudy ingin penilaiannya dilakukan dengan pertanyaan terbuka dan bukan multiple choice (pilihan ganda).

Maudy beranggapan siswa akan memiliki cara belajar yang berbeda, guru juga akan memiliki cara mengajar yang berbeda, dan akhirnya yang dinilai itu adalah berpikir kritis serta analisis dibandingkan dengan mengingat. Akan tetapi, Maudy mengatakan jika misi terbesarnya adalah membangun budaya cinta belajar di Indonesia.

“Semudah mengubah jawaban dari multiple question jadi open ended loh ya,” ujar Felicia.

“So something that small, menurut aku bisa revolutionary. Tentunya akan ada banyak lainnya, maksudnya pendidikan gak cuma itu,” jawab Maudy.

Menurut Maudy sesuatu yang kecil bisa membawa perubahan. Maudy juga menambahkan banyak hal yang lainnya yang akan ia lakukan, karena pendidikan tidak hanya sebatas hal itu saja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya