SOLOPOS.COM - Maham Anga di Jodha Akbar (Pinkvilla.com)

Jodha Akbar Antv yang tayang setiap hari, terinspirasi dari sejarah Kerajaan Mughal.

Solopos.com, SOLO – Serial Jodha Akbar di Antv, menampilkan banyak tokoh penting dari Kerajaan Mughal yang berjaya di bawah kepemimpinan Raja Akbar atau yang lebih dikenal sebagai Raja Jalal pada 1556.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dalam perjalanan kejayaannya, Raja Akbar didampingi seorang tokoh wanita yang sangat berpengaruh dalam kehidupan Raja Akbar, yaitu Maham Anga.

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Senin (2/2/2015), Maham Anga adalah ibu asuh Raja Akbar. Berdasarkan sejarah India, Maham Anga merawat dan mendidik Akbar atau Jalal sejak bayi, karena ibu kandung Jalal, Hamida Banu Begum, lebih banyak menghabiskan waktu bersama Raja Humayun, ayah Jalal.

Pengasuhan Jalal
Dikisahkan dalam sejarah India, ketersediaan waktu Hamida Banu Begum yang terbatas, disebabkan karena saat kelahiran Jalal, Raja Humayun berada di pengasingan. Sebagai istri, Hamida Banu Begum, berupaya menjaga  kesetiaan dengan menemani sang suami, sehingga menyerahkan pengasuhan Jalal kepada Maham Anga.

Bairam Khan
Sementara itu, ada tokoh dalam kemiliteran Kerajaan Mughal, yaitu Bairam Khan. Ia lahir di tanah Afghanistan. Bairam Khan atau Bayram Khan tersebut adalah pelatih pertahanan militer Kerajaan Mughal sejak masa Raja Humayun.

Namun, Bairam Khan memiliki selisih pendapat dengan Raja Jalal, sehingga Raja Jalal menyuruhnya berziarah ke Mekah. Bairam Khan tercatat melewati jalur Gujarat untuk menuju Mekah. Di jalur itulah, Bairam dibunuh oleh Haji Khan Mawati.

Bairam meninggalkan seorang istri bernama Salima Sultan Begum, yang tidak lain adalah sepupu Raja Jalal dan seorang anak bernama Rahim. Sepeninggal Bairam, Raja Jalal menikahi Salima Sultan Begum.

Beberapa sumber menjelaskan kematian Bairam Khan tidak lepas dari konspirasi Maham Anga yang ingin menjegal posisi Bairam Khan dalam pemerintahan Kerajaan Mughal.

Adam Khan
Dalam sejarah India, tercatat Maham Anga memiliki putra bernama Adam Khan. Ada yang menyebut, sesaat setelah konspirasi Adam Khan dan Maham Anga, terbongkar, Raja Jalal mengeksekusi Adam Khan dengan hukuman mati.

Hukuman mati pada Adam Khan membuat Maham Anga sangat terpukul, sehingga ia pun jatuh sakit dan meninggal tidak lama setelah kematian anaknya.

Bangunan Tentang Maham Anga dan Adam Khan
Semasa hidup, Maham Anga tercatat membangun sebuah masjid dengan arsitektur khas Mughal bernama Khairul Manazil. Masjid tersebut dibangun di Purana Qila, Delhi, di Mathura Road.

Meski dikhianati, sejumlah sejarah India mencatat kelapangan hati Raja Jalal melalui perintah pembangunan makam Adam Khan dan Maham Anga di utara Qutub Mirar, yang diberi nama Bhul Bulaiyan. Kabarnya, Bhul Bulaiyan dibuat dengan labirin-labirin di dalamnya.

[Baca juga: Inilah Sejarah Keluarga Kerajaan Mughal, Hubungan Jalal-Mirza Hakim-Shanaz]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya