SOLOPOS.COM - Joko Anwar. (Instagram/@jokoanwar)

Solopos.com, SOLO-Sutradara Joko Anwar menyebutkan bahwa ada perbedaan mencolok dari sumber kekuatan para adiwira atau superhero Indonesia Bumilangit apabila dibandingkan dengan semesta Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Universe (DCU).  Apakah itu?

Dalam jagat Sinema Bumilangit hingga saat ini telah mengeluarkan tiga film, yaitu Gundala, Sri Asih, dan Virgo and the Sparklings. Menurutnya, sumber kekuatan dari adiwira Indonesia berbeda daripada film superhero Hollywood yang disebabkan oleh sihir, teknologi, atau radiasi. “Sejujurnya, saya juga belum bisa memberi banyak jawaban. Namun jagoan dari BCU atau Jagat Sinema Bumilangit pasti kekuatan berasal dari sesuatu yang ada di Nusantara,” ujarnya dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (5/3/2023).

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Selain itu, produser kelahiran 3 Januari 1976 ini juga membocorkan, kekuatan semua superhero Bumilangit akan sangat terasa sesuai dengan budaya Tanah Air. Oleh sebab itu, disebutnya penonton memang perlu menunggu untuk tahu semua jawabannya.

“Kita tidak akan ada pendekatan ke sci-fi, kekuatan dari sains gitu, lebih ke mitologi. Kalau ikutin Gundala, Sri Asih, Virgo, ada Tira nanti, kalian akan tahu kalau ada benang merah yang bisa diambil kesimpulan, kenapa ada kemiripan satu kekuatan hero dengan kekuatan hero lain. Karena, sumbernya adalah sama,” tuturnya.

Lebih lanjut, Joko juga menjelaskan kenapa Jagat Sinema Bumilangit tidak ingin menyentuh ranah fiksi ilmiah. Padahal jika melihat jagoan MCU, seperti Spider-Man dan Iron-Man, kekuatan mereka memiliki kekuatan super karena hal-hal berbau sains.

“Karena, kalau kami mau bersaing dengan jagat lain [waralaba superhero luar negeri], bujet film kita saja sudah berbeda, tiga hari bujet kita, paling setara dengan bujet katering mereka, jadi ya susah untuk disamakan,” beber Joko.

Untuk diketahui Virgo and the Sparklings, Jagat Sinema Bumilangit memang masih punya banyak persembahan spesial. Proyek terdekatnya adalah serial Tira. Rencananya, serial itu akan tayang di Disney Plus Hotstar. Serial itu juga terasa penting, karena menghadirkan salah satu jagoan paling ternama dari Bumilangit, yakni Godam.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Joko Anwar Ungkap Kekuatan Superhero Bumilangit Dibanding Marvel dan DC

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya