SOLOPOS.COM - adele (dailymail.co.uk)

Kabar artis Adele dituduh menjiplak lagu penyanyi Kurdi yang sudah tewas pada 2000 lalu.

Solopos.com, JAKARTA — Penyanyi Adele dituduh melakukan plagiarisme di lagunya berjudul Million Years Ago. Benarkah?

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Dugaan soal plagiarisme yang menimpa Adele ditujukan oleh penggemar penyanyi Kurdi Ahmet Kay. Melalui media sosial, fans Ahmet mendesak Adele untuk memberi klarifikasi mengenai dugaannya.

Salah satu penggemar Ahmer berakun Burak Ozturk mengunggah rekaman video kompilasi anatar lagu  Million Years Ago dengan alunan lagu Ahmet berjudul Acilara Tutunmak.

Menurut sejumlah fans Ahmet, ada frase dan melodi lagu Million Years Ago yang mirip dengan lagu Acilara Tutunmak. Lagu tersebut diciptakan Ahmet pada 1985.

Hingga berita ini diturunkan, Adele belum memberikan klarifikasi mengenai tudingan tersebut. Meski diserang penggemar Ahmet, penyanyi 27 tahun itu mendapat pembelaan dari janda Ahmet, Guten.

Guten mengatakan kepada Harian Turki Posta bahwa ia yakin Adele tidak mencuri lagu mendiang suaminya. Meski begitu, Guten menambahkan, “Kalau dia memang melakukannya, maka itu bisa disebut mencuri.”

Sebagaimana dilansir Okezone, Rabu (9/12/2015), Ahmet bernyanyi dalam bahasa Turki dan Kurdi. Ia meninggal dalam pengasingan di Paris, Prancis pada 2000.

Terkait dengan itu, ada perdebatan antara penggemar Adele dan penggemar Ahmet, di situs berbagi Youtube.

“Terima kasih telah memperkenalkan lagu Ahmet kepada kami. Saya menyukainya dan dia memiliki suara yang bagus. Dan, ya, melodinya hampir sama,” tulis akun Mohamed Farouk.

“Bodoh, itu berbeda, punya telinga atau tidak?” sahut akun Jones Joshua.

“Itu melodi dan chord yang generik. Tidak ada plagiarisme di sini,” tulis Henry Kim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya