SOLOPOS.COM - Piala Oscar. (Istimewa/telegraph.co.uk)

Ada aturan hukum tertentu yang mengikat tentang cara penjualan piala Oscar. Apa itu?

Solopos.com, NEW YORK – Belum lama ini telah diselenggarakan malam penghargaan Oscar yang memberikan piala kategori Film Terbaik untuk Moonlight. Ajang penghargaan ini identik dengan piala berbentuk manusia berwarna emas. Terbuat dari perunggu yang dilapisi tembaga kemudian dilapisi emas, piala itu hanya dihargai US$1 atau Rp13.000-an saat dijual.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir Entertainment Weekly, Selasa (21/2/2017) piala Oscar terikat dengan hukum khusus mengenai penjualan. Bagi penerima yang berniat menjual piala tersebut harus menawarkan piala itu ke organisasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

Piala yang pembuatannya menghabiskan US$400 atau sekitar Rp5,3 juta itu hanya akan dibeli AMPAS dengan nilai Rp13.000-an. Jumlah ini telah menurun dari nominal awal yang diputuskan pengadilan sebesar US$10 atau sekitar Rp133.000-an. Peraturan ini baru berlaku pada 2015.

Sutradara populer penerima Oscar, Steven Spielberg, merupakan salah satu pendukung aturan ini. Bentuk dukungannya dilakukan dengan mendonasikan piala Oscar yang dia beli dari aktor Bette Davis dan Clark Gable. Piala tersebut dibeli Steven dengan nominal fantastis, yakni US$1,36 juta atau sekitar Rp18,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya